Follow detikFinance
Sabtu 04 Nov 2017, 10:48 WIB

Tes CPNS Sudah Pakai Komputer, Kok Masih Ada yang Percaya Calo?

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Tes CPNS Sudah Pakai Komputer, Kok Masih Ada yang Percaya Calo? Foto: Marlinda/detikcom
Jakarta - Pemerintah telah membuka berbagai lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di berbagai instasi kementerian dan lembaga pada tahun 2017 ini. Dalam pelaksanaannya, tes CPNS kali ini menggunakan Computer Assisted Test (CAT) atau tes yang dilakukan secara online menggunakan komputer.

Namun, Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kemen PAN-RB, Herman Suryatman, mengungkapkan meski penerimaan CPNS telah menggunakan sistem yang modern, masih ada orang yang percaya jalan pintas, yaitu ingin jadi PNS dengan menyetor sejumlah uang ke perantara.

Menurut Herman, hal itu terjadi lantaran banyak oknum nakal yang berusaha mencari keuntungan dengan memberikan iming-iming untuk menjadi CPNS.

"Jadi begini, itu kan di luar jangkauan kita. Jadi memang ada oknum, oknum ini bisa saja dari masyarakat, aparat, calo kan ini, jadi bisa dari berbagai kalangan. Oknum seperti itu menjanjikan, kemudian meminta sejumlah uang padahal ternyata dia sama sekali tidak bisa apa-apa," kata Herman kepada detikFinance, Jakarta, Sabtu (4/11/2017).


Herman menjelaskan, biasanya hal itu terjadi bukan di perkotaan, namun di daerah-daerah. Sebab menurut Herman, masih ada orang di daerah yang belum mengerti pelaksanaan seleksi CPNS.

"Di lapangan ini, apalagi di kampung, masyarakat mungkin ada yang belum paham, sehingga iming-iming dari oknum, iming-iming dari calo, itu bisa mempengaruhi yang bersangkutan, sehingga memberikan sesuatu. Apalagi iming-imingnya tanpa tes," jelasnya.

Herman pun memastikan, bila pelaksanaan seleksi menjadi aparatur sipil negara saat ini berjalan dengan terbuka dan transparan. Sehingga, tidak ada lagi oknum-oknum yang bisa melakukan kecurangan dalam seleksi CPNS.

"Yang jelas, seleksi CPNS sekarang kan betul-betul terbuka ya, jadi tidak mungkin ada kecurangan, terutama di Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Karena saat ikut seleksi, hasilnya bisa langsung dilihat di monitor," pungkasnya. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed