Follow detikFinance
Minggu 05 Nov 2017, 14:30 WIB

Diciduk 'KPK Saudi', Pangeran Alwaleed Berharta Rp 248 T

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Diciduk KPK Saudi, Pangeran Alwaleed Berharta Rp 248 T Foto: Fayez Nureldine/AFP
Jakarta - Dari 11 pangeran dan 4 menteri yang ditangkap Komite Anti-Korupsi Arab Saudi atau 'KPK Saudi', masuk nama Pangeran Alwaleed bin Talal. Penangkapan dilakukan terkait dugaan keterlibatan dalam kasus korupsi.

Di Saudi, Alwaleed sangat terkenal. Hingga saat ini Pangeran Alwaleed Bin Talal Alsaud masih dinobatkan sebagai orang terkaya di Arab Saudi. Berapa hartanya?

Forbes yang dikutip detikFinance, Minggu (5/11/2017), Alwaleed berhasil mengumpulkan harta sebanyak US$ 18,7 miliar atau setara Rp 248,7 triliun (kurs Rp 13.300).

Masa kecil Alwaleed memiliki beragam cerita menarik. Putra dari Pangeran Talal, anggota keluarga kerajaan Arab Saudi dan ibu bernama Mona Al Solh dapat dibilang cukup bandel.

Terhitung sering kabur dari rumah dan tidur di dalam mobil orang lain. Sehingga ayahnya waktu itu memasukkan Alwaleed ke sekolah militer agar kedisiplinannya terbentuk.

Alwaleed mengenyam pendidikan di Amerika Serikat, baru melanjutkan bisnisnya pada akhir 1970-an pada bidang konstruksi dan properti. Bisnisnya berjalan moncer seiring periode booming harga minyak.

Setelah booming harga minyak mereda, Alwaleed pun mengubah arah bisnisnya ke sektor perbankan. Ini dimulai dari membeli United Saudi Commercial Bank. Kemudian bisnisnya pun semakin menggurita.

Alwaleed juga terkenal paling gaul. Melalui perusahaan investasinya, Kingdom Holding, Alwaleed berinvestasi di sejumlah perusahaan teknologi masa kini seperti Twitter, eBay, Lyft, Apple, dan lain-lain.

Portofolio investasinya juga sarat dengan perusahaan-perusahaan yang kekinian, seperti Marvel Comics, Hotel Four Seasons, Citigroup, Coca-Cola, PepsiCo, McDonald's, dan lain-lain.

Soal kemewahan, Alwaleed punya banyak 'mainan' mahal. Ia memiliki yacht alias kapal pesiar yang diberi nama Kingdom 5KR. Yacht ini sempat dibeli oleh pengusaha kaya lainnya, Donald Trump. Namun Pangeran Alwaleed membelinya kembali ketika Trump menghadapi masa sulit.

Alwaleed juga memiliki pesawat pribadi yang isinya sangat mewah layaknya dekorasi istana. Tak cukup satu pesawat, Alwaleed ternyata punya dua jenis pesawat, buatan Boeing dan Airbus.

[Gambas:Video 20detik]

(dna/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed