Follow detikFinance
Senin 06 Nov 2017, 14:01 WIB

RI Ekspor Bawang ke 6 Negara, dari Timor Leste Hingga Thailand

Puti Aini Yasmin - detikFinance
RI Ekspor Bawang ke 6 Negara, dari Timor Leste Hingga Thailand Foto: Pool/Kementan
Jakarta - Komoditas pertanian Indonesia mulai diekspor ke mancanegara. Salah satunya bawang merah.

Menurut Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman, bawang merah Indonesia diminati cukup banyak negara. Sebelumnya, Indonesia mengimpor bawang merah dari Thailand.

"Bawang juga kita biasanya impor dari Thailand, hari ini kita malah ekspor ke 6 negara," kata Amran di Kementerian Pertanian, Senin (6/11/2017).


Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian (Kementan), Agung Hendriadi, menjelaskan 6 negara itu mulai dari Timor Leste hingga Brunei Darussalam.

"Ekspornya ke Timor Leste, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei dan kalau enggak salah Fiji. Itu totalnya di atas ratusan ton. Apalagi Timor Leste 5.000 ton," terang Agung kepada detikFinance.


Selain ekspor bawang merah, Indonesia juga bisa menghentikan impor jagung yang sebelumnya sebanyak 3,6 juta ton.

"Kita hari ini nggak ada impor jagung dan kami baru tiba dari luar negeri dan beberapa negara ingin belajar di Indonesia terkait hal ini. Dulu impor 3,6 juta ton senilai Rp 12 triliun sekarang nggak ada," jelas Amran.

"Kemudian cabai yang kita tahu harganya dulu sekarang sudah stabil. Beras juga Alhamdulillah hari ini nggak ada impor," tutup Amran. (hns/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed