Follow detikFinance
Sabtu 11 Nov 2017, 21:21 WIB

Cerita Sopir Taksi Online Bikin SIM A Umum

Indra Komara - detikFinance
Cerita Sopir Taksi Online Bikin SIM A Umum Foto: Indra Komara/detikcom
Jakarta - Para sopir taksi online ramai-ramai membuat SIM A umum di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta, Sabtu (11/11/2017). Bagaimana pengalaman mereka saat membuat SIM tersebut?

Sopir taksi online bernama Fadli menjelaskan, pembuatan SIM A umum memiliki tahapan yang sama ketika membuat SIM A polos. Hanya saja, kata dia, yang membedakan yakni proses uji simulatornya.

"Uji simulatornya sih yang beda. Tadi saya 10 kali coba. Nilainya bagus," katanya.


Lebih lanjut, Fadli menyarankan agar petugas selalu berjaga di tiap pos proses pembuatan SIM. Sebab, para driver bisa kebingungan lantaran banyak loket terpisah yang jaraknya berjauhan.

"Kalau dilepas sendiri haru sering-sering tanya loketnya di mana. Kalau sendiri jalan memang agak sedikit susah karena loketnya ngacak-ngacak," kata Fadli

Sementara itu, Deddy Kusnendar, driver taksi online lainnya menambahkan tidak ada kesulitan berarti dalam pembuatan SIM A

"Ini bagus lah. Kita dukung pemerintah," ucap Deddy.


Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta seluruh driver taksi online memiliki SIM A umum. Jika ada driver yang nakal, pihaknya tidak segan untuk melarang sopir taksi online untuk tak beroperasi.

"Yang nggak bikin SIM, nggak boleh beredar. Kita melaksanakan undang-undang," katanya saat mengecek pengurus SIM taksi online di Satpas SIM, Daan Mogot, Jakarta, Sabtu (11/11/2017). (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed