Follow detikFinance
Selasa 14 Nov 2017, 14:14 WIB

4 Negara Amerika Latin Ajak RI Investasi Otomotif Hingga Perkebunan

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
4 Negara Amerika Latin Ajak RI Investasi Otomotif Hingga Perkebunan Foto: Ardan Adhi Chandra/detikFinance
Jakarta - Empat negara yang tergabung dalam Pacific Alliance, antara lain Chili, Kolombia, Meksiko, dan Peru akan menggelar seminar investasi dan bisnis pada Selasa (21/11/2017) nanti. Seminar yang bernama Pacific Alliance Investment and Business Opportunity Seminar akan digelar di Hotel Westin, Jakarta.

Duta Besar Kolombia untuk Indonesia, Jose Renato Salazar menjelaskan bagaimana keempat negara di Amerika Latin ini bisa bergabung. Ini berawal pada 2011 lalu dengan tujuan meningkatkan volume perdagangan antar keempat negara.

"Pacific Alliance terdiri dari 4 negara sejak 2011. Kami menginginkan adanya perdagangan bebas antar keempat negara," ujar Jose di Kedutaan Besar Kolombia, Jakarta, Selasa (14/11/2017).

Duta Besar Meksiko Federico Salas menambahkan, tujuan seminar tersebut adalah menarik minat investasi dari Indonesia untuk menanamkan modalnya di keempat negara yang tergabung dalam Pacific Alliance. Masing-masing negara memiliki keunggulan masing-masing yang dapat dikembangkan lagi.

"Tujuan dari seminar ini memberikan penjelasan kepada pengusaha dari Indonesia, media, akademisi apa itu Pacific Alliance. Kami juga menjelaskan tentang kesempatan investasi dan kerja sama perdagangan di empat negara," ujar Salas.

Ia menyebutkan kesempatan investasi di keempat negara Amerika Latin tersebut meliputi di sektor perkebunan, otomotif, hingga kopi yang menjadi salah satu komoditas unggulan Kolombia.

"Ada beberapa sektor yang bisa diminati antara lain perkebunan atau perhutanan, otomotif dan mungkin juga kopi. Mereka akan tertarik melihat kesempatan tersebut," kata Salas.

Dalam seminar bisnis pekan depan, tidak ada target investasi yang dipatok keempat negara. Selain itu, dimungkinkan juga adanya insentif kerja sama perdagangan atau investasi dari Indonesia di keempat negara tersebut.

"Kami akan pertimbangkan untuk itu," tutur Salas.

Keempat negara yang tergabung dengan Pacific Alliance memiliki total populasi sebanyak 225 juta jiwa dengan Produk Domestik Bruto (PDB) US$ 1,8 juta dengan pertumbuhan ekonomi terakhir 2,74%. Pendapatan per kapita jika dirata-ratakan sebesar US$ 16.758.

Negara-negara yang tergabung dalam Pacific Alliance pada 2015 berhasil melakukan ekspor US$ 513,3 miliar dan impor US$ 549,3 miliar.

Beberapa produk andalan ekspor keempat negara tersebut, antara lain minyak mentah (11,3%), mobil penumpang (5,8%), komponen kendaraan (4,2%), mesin (3,8%), telepon (2,9%). Sedangkan negara tujuan ekspor terbesar adalah Amerika Serikat (AS) 63,7%, China 6,9%, dan Jepang 2,2%. Di Eropa, Spanyol memegang peranan sebesar 2,2%, di Amerika Utara ada Kanada 2,8% dan di Amerika Selatan ada Brasil 2,2%.

Selain melakukan ekspor, keempat negara Pacific Alliance juga melakukan impor sejumlah komoditas, antara lain minyak (7,1%), perangkat kendaraan (4,3%), telepon (3,4%), mobil penumpang (2,8%), mesin (2,2%) dan minyak mentah (1,5%).


(ara/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed