Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 16 Nov 2017 09:34 WIB

Emirates Borong 40 Boeing 787 Rp 203 Triliun

Maikel Jefriando - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Emirates mengumumkan komitmen bernilai US$ 15,1 miliar atau Rp 203,8 triliun (kurs Rp 13.500) untuk pembelian 40 pesawat Boeing 787-10 Dreamliners. Emirates sekarang memiliki pesawat berbadan lebar mencapai 204 unit.

Dihadapan HH Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum—Wakil Presiden dan Perdana Menteri Uni Emirat Arab, dan Raja Dubai—HH Sheikh Ahmed bin Saeed Al Maktoum, Chairman dan Chief Executive Emirates menandatangani perjanjian dengan Kevin McAllister, Presiden yang juga sekaligus CEO Boeing Commercial Airplanes saat pembukaan pameran Dubai Airshow 2017 lalu.

"Pemesanan Emirates hari ini akan mulai diserahkan pada tahun 2022 mendatang, dan dioperasikan sekitar tahun 2030. Beberapa diantaranya akan menjadi pengganti sehingga kita bisa mempertahankan armada yang muda dan efisien. Sementara yang lainnya akan memperkuat pertumbuhan jaringan Emirates di masa depan. Kami melihat 787 sebagai pelengkap maskapai 777 dan A380 kami, yang akan menyajikan fleksibilitas lebih untuk melayani berbagai tujuan sambil kami mengembangkan jaringan rute global kami," kata Sheikh Ahmed dalam siaran pers, Kamis (16/11/2017).

"Dengan pemesanan pesawat Boeing 787 Dreamliner, ini merupakan komimen dari strategi Emirates untuk selalu berinvestasi pada pesawat yang paling modern dan efisien. Penandatanganan komitmen hari ini juga menjelaskan mengenai kepercayaan kita akan masa depan penerbangan di kawasan UEA dan sekitarnya," jelasnya.

Sementara itu, McAllister menyatakan Boeing 787-10 Dreamliners akan menjadi tolak ukur baru untuk proses ekonomi di industri maskapai komersial di masa depan.

"Dukungan Emirates terhadap Boeing 787 Dreamliners akan memperluas kemitraan jangka panjang kami yang juga akan menyokong banyak pekerjaan di Amerika Serikat," terangnya.

Kesepakatan Emirates dengan Boeing Commercial Airplanes juga termasuk pada pembelian pesawat dan menukarnya dengan seri 787-9s. Selain itu Boeing Commercial Airplanes juga menawarkan fleksibilitas tambahan untuk maskapai dan jaringan globalnya di masa depan. Seri Dreamliners akan diserahkan dalam campuran konfigurasi antara dua dan tiga kabin, yang akan dapat menampung 240 dan 330 penumpang. Pesawat ini akan diserahkan secara bertahap mulai tahun 2022.

Emirates merupakan mitra yang kuat bagi industri dirgantara Amerika Serikat. Berdasarkan keterangan Departemen Perdagangan Amerika Serikat, setiap 1 miliar dolar ekspor industri dirgantara akan mendukung 5.200 jenis pekerjaan di Amerika. Pemesanan baru ini akan membuat dan mendukung lebih dari 78.000 pekerjaan tambahan di industri dirgantara Amerika Serikat. Tidak hanya dengan Boeing, tetapi juga dengan ribuan pemasok lain yang turut menyumbangkan perannya dalam industri dirgantara ini, di mana banyak diantaranya merupakan usaha kecil dan menengah.

Pemesanan kali ini menjadi salah satu yang paling bersejarah bagi Emirates, setelah memesan 150 unit Boeing 777X yang dilengkapi dengan mesin GE9X pada Dubai Air Show tahun 2013 lalu. Keseluruhan pemesanan unit dari Boeing 787 Dreamliners ini akan dikirimkan mulai tahun 2022.

Kemitraan Emirates dengan Boeing terjadi hingga beberapa dekade. Emirates sejauh ini merupakan operator Boeing 777X terbesar dengan 165 pesawat seri 777s yang beroperasi hari ini.

(mkj/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed