Skytrain Bandara Soetta Mulai Layani Terminal 1 Hingga 3

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Jumat, 17 Nov 2017 10:08 WIB
Foto: (Shinta/detikTravel)
Jakarta - Skytrain Bandara Soekarno-Hatta mulai melayani perpindahan pengguna jasa dari Terminal 3 ke Terminal 1 dan sebaliknya.

Sebelumnya, pada 10 November lalu dilakukan uji coba operasi Skytrain dari Terminal 2 ke Terminal 1 dan sebaliknya. Kemudian, pada 17 September lalu kereta layang telah melayani perpindahan penumpang pesawat untuk transit dan sebagainya dari Terminal 3 ke Terminal 2.

VP of Corporate Communication Angkasa Pura II, Yado Yarismano menegaskan pengoperasian Skytrain Bandara Soekarno Hatta belum bisa dikatakan penuh. Pasalnya pengoperasian ini masih melalui satu jalur (track) dan menggunakan satu trainset dengan dua gerbong dari rencana tiga trainset.

"Pengoperasian penuh ketika beroperasi double track," kata Yado saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Jumat (17/11/2017).

Beroperasinya Skytrain Bandara Soekarno Hatta melayani perpindahan pengguna jasa dari Terminal 1 sampai ke Terminal 3 dan sebaliknya hari ini masih menunggu hasil verifikasi dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

"Ini memang masih menunggu hasil verifikasi dari Ditjen KA. Kalau operasi kemungkinan siang ini jalan," tutur Yado.

Dengan demikian, pengguna jasa di Bandara Soekarno Hatta bisa melakukan perpindahan dari Terminal 3 ke Terminal 1 ataupun sebaliknya. Skytrain pun akan berhenti di masing-masing terminal dengan waktu tempuh setiap terminalnya diperkirakan sekitar 5 menit.

"Jadi itu trainset masih 1 kaya kemarin cuma rencananya (tracknya) lebih panjang dan jadwalnya di-extend," kata Yado. (ara/ang)