Follow detikFinance
Sabtu 18 Nov 2017, 20:15 WIB

Rel Ganda Jakarta-Merak Rampung 2019

Bahtiar Rifa'i, Hendra Kusuma - detikFinance
Rel Ganda Jakarta-Merak Rampung 2019 Foto: Agung Pambudhy
Lebak - Pembangunan rel ganda alias double track sampai Stasiun Merak rampung pada 2019. Saat ini, pembangunan sudah sampai ke Rangkasbitung di Lebak.

"Double track mungkin dalam dua tahun selesai, 2019. Pembangunan sedang berjalan sampai Rangkasbitung," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kepada wartawan di Lebak, Banten, Sabtu (18/11/2017).

Inisiasi pembangunan rel double track sampai ujung Merak, menurut Budi, untuk meningkatkan volume perjalanan kereta api. Selain itu, jalur lama rel kereta api di Banten juga akan diaktifkan kembali.

"Kereta api dari Jakarta-Merak jadi kerangka utama, setelah itu kita lanjutkan menuju tempat yang dimungkinkan diakses. Katakan di Lebak," katanya.

Budi berpendapat, pengembangan kereta api atau transportasi berkelanjutan sangat ideal untuk daerah seperti Jakarta atau Jabar. Termasuk pengembangan transportasi di titik simpul seperti di kota terpadu di Maja Lebak yang berorientasi Transit Oriented Development (TOD).

"Jakarta dengan komplikasinya kita merancang angkutan massal sehingga 2024-2025 kita tidak susah payah menjangkau tempat ini, termasuk Maja," ucapnya.

"Untuk daerah Banten, kami menginisiasi, melanjutkan kereta api double track sampai Serang dan ke ujung Merak, agar lajunya besar, dan menuju daerah yang kereta sudah ditinggalkan, dan kita lakukan reaktiviasi," tambah Budi.

Budi mengakui, kereta api menjadi salah satu transportasi yang paling dimanfaatkan masyarakat Maja dan sekitarnya untuk menuju DKI Jakarta.

"Kereta api itu satu keniscayaan dan memang ideal, oleh karenanya titik simpul tol maupun kereta sangat baik jika dilakukan secara TOD (Transit Oriented Development)," tambah dia.

Sementara itu, Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri mengatakan, pembangunan jalur ganda akan rampung pada April 2019, dan diharapkan dapat meningkatkan kapasitas penumpang maupun barang.

"Akan selesai bulan April tahun 2019, apa yang kita harapkan tentunya peningkatan kapasitas akan berkali-kali lipat. tadinya ini dilayani kereta lokal sekarang bisa menggunakan KRL, jadi kapasitas dan pelayanan ya juga meningkat," kata Zulfikri.

Adanya pembangunan jalur ganda kereta api ini juga akan mempermudah akses masyarakat Kabupaten Lebak, Banten untuk menuju DKI Jakarta.

"Kami akui wilayah di sini itu sangat tergantung dengan kereta api dan akses utama masyarakat sini ke ibu kota adalah kereta api," tutup Zulfikri.

(bri/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed