Follow detikFinance
Senin 20 Nov 2017, 17:07 WIB

Pemerintah Jamin Pasokan Gula Hingga Beras Jelang Tutup Tahun Aman

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Pemerintah Jamin Pasokan Gula Hingga Beras Jelang Tutup Tahun Aman Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama Menteri Pertanian, Amran Sulaiman dan Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita. Rakor ini membahas penyediaan pangan jelang Natal dan Tahun Baru.

Amran mengatakan bahwa rapat tersebut membahas terkait persiapan pangan akhir tahun. Pasokan pangan dinilai cenderung stabil dan aman.

"Kita persiapan ke depan ini ya khusus pangan karena saat ini pangan kita Alhamdulillah stabil. Akhir tahun aman, jadi ini yang ditanyakan tadi bagaimana posisi di lapangan," kata Amran di Jakarta, Senin (20/11/2017).

Lebih lanjut ia mengatakan stok pangan yang ia nilai aman adalah komoditas strategis seperti jagung, bawang, beras dan cabai. Bahkan, ia memberi contoh stok bawang yang sampai bisa diekspor hingga ke 6 negara.

"Bawang sekarang kan harganya normal. Bahkan pernah jatuh dan ekspor ke 6 negara saat ini. Stok beras juga aman sampai 5-6 bulan ke depan," tuturnya.

Mengamini ucapan Amran, Enggartiasto menyebutkan pasokan pangan aman. Pasalnya ia mengaku pihaknya telah melakukan koordinasi dan pengecekan terkait pasokan pangan.

"Kita sudah koordinasi dan sudah lakukan pengecekan mengenai gula, daging, minyak goreng, beras aman dan per 1 Desember sudah ada di daerah-daerah," terangnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed