Matahari Tutup Gerai Meski Mal Taman Anggrek Ramai Pengunjung

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 21 Nov 2017 14:48 WIB
Foto: Danang Sugianto
Jakarta - PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak di Mal Taman Anggrek. Alhasil tepat pada 3 Desember 2017 nanti, Matahari di mal tersebut akan ditutup.

Jika dilihat sebenarnya Mal Taman Anggrek tidak sepi. Pengunjung masih terlihat cukup banyak meskipun di hari kerja.

Menurut pemantauan detikFinance di siang hari ini, pengunjung Mal Taman Anggrek cukup banyak. Memang kebanyakan dari pengunjung memadati kawasan kuliner di lantai paling atas.

Selain itu di tempat bermain ice skating juga cukup ramai. Ada sekitar puluhan orang yang saat ini tengah bermain ice skating.

"Memang tidak sepi, pengunjung masih banyak kok. Apalagi kalau akhir pekan," kata salah satu security mal di Mal Taman Anggrek, Selasa (21/11/2017).

Memang pengunjung di bagian toko pakaian ataupun aksesoris tidak sebanyak di wilayah kuliner dan ice skating. Meskipun begitu pengunjung di outlet Matahari saat ini juga cukup banyak.

Hal itu sepertinya lantaran Matahari yang sudah mulai menerapkan diskon dalam rangka cuci gudang. Meskipun saat ini diskonnya masih sampai 50% saja.

"Saya pikir sudah diskon sampai 80% gitu," kata Tomy salah satu pengunjung Matahari kepada detikFinance.

Sebelumnya salah satu pegawai Matahari mengatakan, tidak menutup kemungkinan diskon yang diterapkan akan bertambah seiring semakin dekatnya dengan tanggal penutupan.

"Saya belum tahu si, tapi mungkin bisa tambah lagi diskonnya. Mendekati hari H mungkin lebih murah," tuturnya.

Sementara untuk produk-produk konsinyasi atau di luar merek Matahari mengikuti dengan gimmick promo lainnya. Seperti beli 2 gratis 1, atau beli 2 mendapatkan harga spesial.

Matahari Mal Taman Anggrek mulai hari ini juga sudah melakukan penutupan satu lantai paling atas yang berada di level L2. Lantai tersebut berisi pakaian anak-anak, hingga alat-alat rumah tangga.

[Gambas:Video 20detik]


Akses menuju lantai tersebut dari dalam gerai Matahari telah dihalangi pegawai menggunakan beberapa mannequin yang ditaruh tepat di depan tangga berjalan. Sementara dari luar toko pintunya sudah tertutup rapat, hanya terlihat produk-produk koper berjejer di dalam pintu masuk.

Dalam minggu ini, kata pegawai tersebut L1 yang berisi pakaian wanita juga akan ditutup. Lalu berlanjut pada lantai UG yang berisi produk aksesoris wanita.

Sebelumnya diketahui, LPPF mengumumkan akan menutup Matahari di Mal Taman Anggrek lantaran masa sewanya yang telah habis. Selain ditempat ini Matahari di Lombok City juga akan ditutup dengan alasan yang sama.

Meski begitu, LPPF tetap melakukan pembukaan cabang baru. Ada 2 gerai Matahari yang akan dibuka dan 1 gerai khusus Nevada.

Kedua gerai Matahari baru tersebut akan berlokasi di Sumatera Selatan, yakni di Baturaja dibuka pada 23 November 2017 dan Lahat pada 30 November 2017. Sedangkan gerai khusus Nevada akan dibuka di Pakuwon Mal, Surabaya. (dna/dna)