Follow detikFinance
Rabu 22 Nov 2017, 13:13 WIB

Pekerja di Sektor Apa yang Paling Dicari Tahun Depan?

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Pekerja di Sektor Apa yang Paling Dicari Tahun Depan? Ilustrasi Foto: Rengga Sencaya
Jakarta - Seiring perkembangan era digitaliasi saat ini, sektor industri juga makin manfaatkan teknologi dalam menggerakan roda bisnisnya. Dengan demikian, sumber daya manusia (SDM) di sektor digital, terutama di bidang Teknologi Informasi (TI) juga makin dibutuhkan.

Perusahaan spesialis rekrutmen profesional Robert Walters mengungkapkan bahwa prospek ekonomi saat ini, membuat digitalisasi yang berkelanjutan dan perluasan pasar yang stabil akan mendorong pertumbuhan gaji pada tahun depan atau 2018, khususnya di bidang TI dan pengalaman internasional akan sangat diminati.

"Tren digitalisasi yang menyapu kawasan ini telah memacu banyak bisnis untuk menciptakan platform online atau mobile karena perusahaan berusaha meningkatkan daya saing mereka dan meningkatkan pangsa pasar dengan konsumen," kata Managing Director Robert Walters untuk Asia Tenggara Toby Fowlston, dalam konferensi persnya di Jakarta, Rabu (22/11/2017).

Saat ini, kata Toby, telah banyak perusahaan konvensional yang mengembangkan bisnisnya ke ranah digital, semisal transportasi online, e-commerce hingga financial technology (fintech). Maka tenaga yang ahli di bidang TI banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan digital.

"Sebagai hasil dari transformasi ini, banyak perusahaan yang ingin mempekerjakan para profesional dengan keahlian digital, baik di bidang pemasaran dan teknologi informasi, terutama mereka yang mahir dalam menjalankan infrastruktur digital back office atau dengan keahlian teknologi khusus," katanya.

Survei tersebut, lanjut dia, juga mencatat bahwa fokus pada transformasi bisnis ke platform digital turut memicu permintaan sumber daya manusia (SDM) profesional yanga memiliki pengalaman terhadap perubahan manajemen, terutama yang terbukti sukses mengelola transformasi budaya perusahaan.

"Selain itu, profesional Tl di bidang komputasi cloud, keamanan siber dan big data juga diminati karena sub-sektor Tl ini menjadi area pertumbuhan utama, dan tren ini diperkirakan akan berlanjut pada 2018," tambah Toby.

Bahkan, profesional di bidang TI bisa mendapatkan kenaikan gaji hingga 40% saat berpindah dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Hal itu bila dilihat dari kemampuan dan kebutuhan dari SDM di bidang TI.

"TI ini kita most chalenging part, karena fintech company, startup company setiap hari itu selalu ada. Jadi agak berebutan talent. Dan talent-talent ini high demand dan sangat diperlukan. Bisa minta 40% kenaikan gaji," kata Manajer, Akuntansi Keuangan Robert Walters, Karina Saridewi.

Sementara di sektor lainnya, Karina menjelaskan, untuk SDM di bagian Accounting dan Finance juga masih banyak dibutuhkan oleh industri. Walau tak sebesar SDM di bidang TI, namun rata-rata pertumbuhan gaji Accounting dan Finance mencapai 35%. Hal itu tergantung dari bagaimana pengalaman pekerja di sektor tersebut.

"Sementara kalau legal statis, banyak sekali orang-orang dari multicompany, untuk goverments. Jadi kita melihat demand-nya masih ada. Jadi untuk pindah kerja dari satu tempat ke tempat lain biasanya 30% kenaikan gajinya," katanya. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed