Follow detikFinance
Rabu 22 Nov 2017, 18:07 WIB

Bagaimana Perbandingan Gaji di Indonesia dengan Negara Lain?

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Bagaimana Perbandingan Gaji di Indonesia dengan Negara Lain? Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -
Gaji rata-rata di Indonesia ternyata dapat bersaing dengan sejumlah negara-negara di Asia Tenggara lainnya. Secara umum, peringkat gaji di Indonesia menduduki posisi kedua di Asia Tenggara, atau satu tingkat di bawah Singapura.
Demikian diungkapkan Managing Director Robert Walters untuk Asia Tenggara, Toby Fowlston, dalam konferensi persnya di Jakarta, Rabu (22/11/2017). Robert Walters merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang spesialis rekrutmen profesional.
Toby menjelaskan, di Asia Tenggara gaji rata-rata di Indonesia bersaing ketat dengan gaji rata-rata di Malaysia. Namun, keduanya masih berada di bawah peringkat Singapura.
"Secara regional (Asia Tenggara), rerata penghasilan di Indonesia berada di level dua atau tiga tertinggi di antara negara regional lain. Singapura nomor satu, kedua mix antara Malaysia dan Indonesia. Kita (Indonesia), tinggi dalam hal skil perspektif, penghasilan lebih tinggi dari Vietnam, Thailand, atau Filipina yang berada di peringkat bawahnya di regional," kata Toby.
Penghasilan di Singapura, kata Toby, masih lebih tinggi sekitar dua hingga tiga kali lipat dibanding penghasilan pekerja di Indonesia. Namun Indonesia masih lebih tinggi dibanding beberapa negara Asia Tenggara lainnya.
"Penghasilan di Singapura sekitar dua atau tiga kali lipat dibandingkan penghasilan di Indonesia. Kalau dibandingkan Malaysia kira-kira hampir sama. Mungkin ada di level 20%-30% atau bahkan 40% dibandingkan penghasilan di Vietnam atau Thailand atau Filipina," jelasnya.


Tak hanya itu, peningkatan gaji di Indonesia juga terbilang tinggi dibanding negara-negara Asia Tenggara lainnya. Indonesia berada di bawah Vietnam dalam hal kenaikan gaji.
"Peningkatan gaji di Indonesia juga tercatat kedua tertinggi di regional, Vietnam nomor satu, mungkin Thailand dan Filipina, lalu Nalaysia dan Singapura terakhir. Setiap orang ingin mengejar singapura tapi butuh beberapa tahun lagi dari sekarang," jelasnya.
Sementara itu Manajer Akuntansi Keuangan Robert Walters, Karina Saridewi, mencontohkan seseorang yang berkerja di bidang accounting dan finance yang memiliki pengalaman lima tahun akan mendapatkan gaji rata-rata sekitar Rp 15 juta hingga Rp 17 juta perbulan. Sendangkan, untuk posisi dan pengalaman yang sama, di Singapura akan mendapatkan gaji Rp 20 juta hingga Rp 25 juta perbulan.
"Jadi kita di Indonesia itu mungkin kedua dibanding Singapura. Tapi gapnya tidak terlalu jauh. Talent-talent kita salarynya sudah enggak terlalu jauh dari Singapura," pungkasnya.

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed