Follow detikFinance
Kamis 23 Nov 2017, 15:27 WIB

Bikin Pangan Organik, Jurus Warga Desa Ini Tambah Penghasilan

Usman Hadi - detikFinance
Bikin Pangan Organik, Jurus Warga Desa Ini Tambah Penghasilan Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi/Foto: Usman Hadi/detikcom
Kulonprogo - Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) KWT Seruni Menoreh Indah, di Nglambor, Sidoharjo, Samigaluh, Kulonprogo, dideklarasikan menjadi Desa Pangan Organik Lestari. Desa pangan organik ini diharapkan bisa menambah pendapatan warga.

"Saya deklarasikan (KRPL KWT Seruni Menoreh Indah) sebagai Desa Pangan Organik Lestari," kata Kepala BKP Kementan, Agung Hendriadi di sela-sela kunjungan ke KRPL KWT Seruni Menoreh Indah Kulonprogo, Kamis (23/11/2017).

Menurut Agung, selama ini BKP memiliki sejumlah program pengentasan daerah rentan bahan pangan. Salah satunya dengan mengembangkan KRPL di desa-desa di banyak daerah.

"Dengan adanya KRPL diharapkan asupan pangan bergizi (masyarakat) seimbang, nutrisi keluarga juga terpenuhi. Selain itu (KRPL) juga berperan menjamin ketersediaan pangan di desa-desa," ungkapnya.
Desa Pangan Organik di Kulonprogo Ini Bisa Tambah Pendapatan WarganyaFoto: Usman Hadi/detikcom

Dengan masyarakat yang swadaya memproduksi bahan pangan, kata Agung, paling tidak warga tidak lagi kesusahan mendapatkan bahan pangan.

"Program kami di sini (Nglambor) tahun depan adalah pengembangan. Nanti setelah berjalan tahun ketiga diharapkan sudah bisa mandiri. Saya janji tahun depan (KRPL di Nglambor) akan didanai lagi untuk pengembangan," paparnya.

Kepala BKPP DIY, Arofah Noor Indriyani menambahkan, jumlah desa rentan bahan pangan di DIY tahun ini menurun. Menurutnya di tahun 2016 ada 16 desa rentan bahan pangan, namun di tahun 2017 turun menjadi 10 desa.

"Tahun ini desa rentan bahan pangan di DIY tersebar di tiga kabupaten, di Gunungkidul ada tiga desa, di Bantul tiga desa dan di Kulonprogo empat desa," tutupnya.

Sementara Ketua KRPL KWT Seruni Menoreh Indah, Puji Wanti (38) menjelaskan, sebenarnya kelompok KWT di Nglambor sudah terbentuk sejak tahun 2000. Namun baru di awal tahun 2017 KWT Seruni Menoreh Indah menjadi KRPL.
Desa Pangan Organik di Kulonprogo Ini Bisa Tambah Pendapatan WarganyaFoto: Usman Hadi/detikcom

"Awal tahun ini kami mendapatkan bantuan Rp 15 juta untuk kebun bibit dan optimalisasi pekarangan anggota. Hasilnya sekarang ini pekarangan warga banyak ditanami sayuran, seperti cabai, terong, sawi, brokoli, bawang merah, ketela dan masih banyak lagi," ucapnya.

"Pendapatan warga setelah ada program KRPL juga meningkat. Ibu-ibu yang awalnya tidak memiliki pendapatan tetap, sekarang bisa bantu suami. Ya paling tidak dalam sebulan bisa dapat Rp 100-500 ribu," pungkasnya. (ega/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed