Follow detikFinance
Selasa 28 Nov 2017, 13:54 WIB

UMKM Bisa Dapat Bantuan Modal, Begini Caranya

Puti Aini Yasmin - detikFinance
UMKM Bisa Dapat Bantuan Modal, Begini Caranya Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) tentu butuh dukungan pembiayaan. Nah, pemerintah melalui Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bisa membantu pelaku UMKM dalam mendapatkan pembiayaan.

Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Ricky Joseph Pesik, mengatakan pihaknya bisa membantu para pelaku UMKM dari sisi permodalan. Bantuan tersebut dilakukan dengan sinergi bersama beberapa bank.

"Ya kita bantu dari akses permodalan dengan kerja sama dengan beberapa perbankan. Juga ada BRI, BNI, Mandiri dan BTN," kata Ricky dalam acara paparan capaian Bekraf di Jakarta, Selasa (28/11/2017).

Selain itu, tidak hanya berfokus pada pembiayaan dari perbankan. Bekraf juga akan mengajak pelaku UMKM untuk menerapkan rencana bisnis lain, misalnya dengan model virtual.

"Tapi kita juga akan mengajak UMKM melihat bahwa permodalan bukan dari perbankan saja tapi dari modal virtual dengan model startup gitu," sambungnya.

Untuk pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) tahun lalu sendiri sudah menghabiskan dana sebanyak sekitar Rp 2,4 triliun. Namun, untuk angka tahun ini pihaknya belum bisa memastikan.

"Rp 2,4 triliun itu tahun lalu. Tahun ini belum tahu," sebutnya.

Sementara untuk tahun depan, pihaknya juga belum bisa memastikan. Pasalnya ia mengatakan bahwa alokasi KUR banyak yang belum terserap.

"Alokasi KUR ke UMKM di perbankan nasional saja enggak terserap semua," tutupnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed