Follow detikFinance
Rabu, 29 Nov 2017 11:17 WIB

Jokowi Pamer Perbaikan Ekonomi RI di Depan Para CEO

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka acara PLN dan Kompas 100 CEO Forum yang bertema Kebijakan Makro 2018 untuk menjaga pertumbuhan berkualitas.

Dalam kesempatan itu, Jokowi berbicara tentang kondisi perekonomian Indonesia yang terus mengalami perbaikan dari waktu ke waktu. Hal itu diungkapkan Jokowi di depan para CEO di Indonesia, di Hotel Rafles Jalan Prof Dr, Satrio Kav 3-5 Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (29/11/2017).

"Saya gembira hadir di sini di hadapan para CEO, karena para CEO pasti mencatat bahwa banyak kemajuan dalam bidang ekonomi yang kita capai. Seperti pengakuan bidang internasional ke Indonesia," kata Jokowi dalam sambutannya.

Menurut Jokowi, dunia internasional juga telah mengakui kondisi perekonomian Indonesia terus mengalami perbaikan. Hal itu, kata Jokowi, dapat dilihat dari berbagai status layak investasi yang didapatkan oleh RI.

"Misalnya pemberian status layak investasi. Ini pertama kali sejak 97, pertama kali Indonesia diberikan tiga lembaga rating Fitch Rating, Moody's, Standard and Poors," kata Jokowi.

"Lalu yang kedua peringkat kemudahan berusaha EODB, oleh world bank, untuk 2017 meningkat dari 106 jadi 91, dan yang terbaru menjadi peringkat ke 72. Artinya dalam dua tahun kita naik 34, ini lompatan cepat, ini bukan kata saya, kata Bank Dunia, World Bank. Lalu survey 2017 tentang prospek negara tujuan investasi, Indonesia tahun ini naik ke peringkat 4 dari peringkat 8," sambungnya.

Lebih lanjut Jokowi mengatakan bahwa pada beberapa tahun lalu banyak pihak yang meragukan bila kondisi perekonomian RI bisa mengalami perbaikan. Dengan kondisi perekonomian saat ini, Jokowi berharap agar semua bisa percaya bahwa ekonomi RI telah membaik.

"Dua tahun lalu saat saya bilang kondisi ekonomi perlahan akan terus membaik, banyak yang enggK percaya, tapi sekarang semoga semua percaya," pungkasnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed