Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 29 Nov 2017 16:05 WIB

Temui Wakil PM China, Jokowi Minta Akses Produk RI Diperlebar

Ray Jordan - detikFinance
Foto: Presiden Jokowi Temui Wakil PM RRC Liu Yandong (Ray Jordan/detikcom) Foto: Presiden Jokowi Temui Wakil PM RRC Liu Yandong (Ray Jordan/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja menerima kunjungan Wakil Perdana Menteri (PM) Republik Rakyat China Liu Yandong di Istana Merdeka, Jakarta.

Liu tiba di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (29/11/2017) pukul 10.41 WIB. Jokowi kemudian mempersilakan Liu dan rombongan masuk ke ruang utama Istana Merdeka untuk berbincang.

Dalam pertemuan ini, Jokowi didampingi oleh Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan dan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.

"Jadi dalam konteks hubungan bilateral kita dengan China itu ada beberapa konsultasi rutin yang dilakukan. Ada politik, keamanan , ekonomi maritim," kata Retno usai pertemuan.

Di samping itu, sempat dibahas mengenai investasi dan perdagangan antara Indonesia dan China.

"Presiden juga meng-address dari waktu ke waktu agar akses produk Indonesia ke China diberikan lebih besar lagi, termasuk di antaranya kelapa sawit," jelasnya.

Sedikit lebih spesifik turut dibahas mengenai One Belt One Road (OBOR), yang merupakan jalur sutera modern. Menko Kemaritiman, Luhut Panjaitan, juga ditunjuk jadi koordinator di Indonesia.

"Saat pertemuan Menko maritim sudah ditunjuk jadi koordinator untuk Indonesia, bagaimana sinergikan pembangunan infrastruktur kita dengan belt and road yang diinisiasi China," papar Retno. (mkj/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com