Follow detikFinance
Kamis, 30 Nov 2017 14:18 WIB

Kementan dan NU Sebar Benih Jagung ke Petani di 9 Kabupaten

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Puti Aini Yasmin/detikFinance Foto: Puti Aini Yasmin/detikFinance
Jakarta - Menteri Pertanian, Amran Sulaiman bertemu dengan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siroj. Keduanya menandatangani memorandum of understanding (MoU) pelaksanaan penanaman jagung di 9 kabupaten.

"Ada 9 kabupaten dalam Memorandum of Understanding (MoU) ini. Jadi tolong tahun depan siapkan lahan 100 ribu hektar, terserah di mana saja pokoknya nanti benih dan pupuknya siap diberikan kepada masyarakat," kata Amran usai pertemuan di Kementerian Pertanian, Jakarta, Kamis (30/11/2017).

Ia melanjutkan, kerja sama tersebut akan mulai dilakukan pada Januari mendatang. Selain itu ia juga berharap kerja sama ini bisa membantu perekonomian di daerah tersebut layaknya di daerah sebelumnya, yaitu Bengkulu Selatan.

"Karena kami senang, kemarin di Bengkulu Selatan langsung mengangkat perekonomian rakyat di sana. Apalagi ini ada 9 kabupaten. Nanti Insya Allah di mana yang terbaik kami turun di sana. Ini akan baru mulai bulan depan Januari kita gulirkan," sambung Amran.

Sedangkan, Said Aqil mengatakan penandatanganan kesepakatan ini merupakan hal yang ditunggu-tunggu. Sebab dengan adanya penandatanganan tersebut petani di daerah bisa benar-benar terbantu.

"Alhamdulillah ini yang kita tunggu-tunggu dan mimpikan adanya kesepakatan antara Kementan dengan NU. Dengan begitu para petani yang mayoritas NU bisa benar-banar terbantu," ucap Aqil.

Lebih lanjut, ia menyebutkan penanaman jagung tersebut akan dilakukan di 9 kabupaten yang tersebar di Provinsi Bengkulu dan Provinsi Kalimantan timur.

"Kita mayoritas ada di provinsi Bengkulu, Bengkulu Selatan, Kaur, Mukomuko, Bengkulu Utara, Rejang lebong, Seluma, Kepahiang dan ada kemudian di Kalimantan Timur meliputi Penajam dan Ogan Komering Ilir," sebutnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed