Follow detikFinance
Jumat 01 Dec 2017, 14:40 WIB

Polri Raih PNBP Award dari Kementerian Keuangan

Audrey Santoso - detikFinance
Polri Raih PNBP Award dari Kementerian Keuangan Foto: Dok. Istimewa
Jakarta - Polri menerima penghargaan sebagai lembaga pengelola Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) terbaik pertama di acara PNBP Award 2017. Acara penganugerahan itu diinisiasi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk mengapresiasi pihak-pihak yang memgoptimalkan pendapatan negara.

"Polri menerima penghargaan Pengelolaan PNBP Terbaik I pada Kategori PNBP di Atas Rp 1 Triliun," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Martinus Sitompul, dalam rilisnya, Sabtu (1/12/2017).

Martinus mengatakan penghargaan diberikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kepada Asrena Kapolri Irjen Bambang Sunarwibowo, mewakili institusi Polri. PNBP Award 2017 digelar di gedung Dhanapala, Kemenkeu, Jakarta Pusat, Kamis (30/11) kemarin.

"Prestasi ini adalah wujud kerja keras, kerjasama yang baik dari seluruh anggota Polri dan stakeholder terkait dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat," ujar Martinus.

Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis PNBP di Polri, terdapat 27 jenis PNBP yang berlaku di kepolisian. Salah satu contoh di Satuan Lalu Lintas, PNBP didapat dari proses penerbitan SIM baru, proses perpanjangan SIM, proses penerbitan STNK, proses penerbitan TNKB, surat mutasi kendaraan ke luar daerah/lintas negara.

Selanjutnya, PNBP di kepolisian juga didapat dari penerbitan surat izin senjata api/bahab peledak, penerbitan SKCK, berbagai kegiatan pelatihan dan pendidikan, jasa pengamanan objek vital atau objek tertentu. (aud/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed