Follow detikFinance
Rabu 06 Dec 2017, 08:00 WIB

Tentang Tutupnya GAP: Dari Pesta Diskon Hingga Nasib Karyawan

Danang Sugianto - detikFinance
Tentang Tutupnya GAP: Dari Pesta Diskon Hingga Nasib Karyawan Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Aksi penutupan toko GAP oleh PT Gilang Agung Persada kembali dilakukan. Setelah GAP di Pondok Indah Mall (PIM) kali ini giliran outlet di Grand Indonesia yang akan ditutup.

Gilang Agung Persada memutuskan untuk menutup semua outlet GAP dan Banana Republic di Indonesia serentak pada Februari 2018. Hal itu lantaran masa kontrak kerjasama dengan GAP Inc telah habis.

"Banana Republic juga ditutup barengan, itu kontraknya barengan GAP Inc habisnya Februari 2018," kata Brand Manager GAP Indonesia, Natasha Nasution kepada detikFinance.


Natasha mengatakan, saat ini gerai GAP tersisa di Surabaya Tunjungan Plaza 4 dan Grand Indonesia. Sementara Banana Republic tersisa di Senayan City dan Grand Indonesia.

Pada 3 Desember 2017 kemarin, perusahaan ternyata juga sudah melakukan penutupan outlet GAP yang ada di Lippo Mall Puri.

Namun perusahaan menegaskan, bahwa keputusan penutupan 2 brand tersebut murni lantaran habisnya masa kontrak dengan GAP Inc. Dia menepis dugaan lantaran terimbas pelemahan daya beli masyarakat.

"Kita tutup emang hanya kontrak, untuk sales tahun ini sebenarnya bagus. Compare dengan tahun sebelumnya juga meningkat. Cuma memang karena kita sudah habis kontrak aja, bukan karena ekonomi lesu. Karena company kita tetap growing kok," kata Natasha.

Pesta Diskon hingga 70%

Tanda-tanda bahwa GAP di Grand Indonesia akan ditutup sudah terlihat bahkan sebelum masuk toko. Di pintu masuk toko ada papan yang bertuliskan Closing Down Sale Up To 70%.

Seluruh produk di gerai GAP ini memang sudah di banderol diskon. Mulai dari pakaian dewasa untuk wanita maupun pria hingga pakaian untuk anak-anak dan balita.

Untuk atasan wanita bahkan ada yang dibanderol dengan harga khusus yakni Rp 79 ribu. Padahal harga aslinya yang tertera mencapai Rp 459 ribu.

Lalu ada dress untuk wanita dibanderol sebesar Rp 249 ribu. Sedangkan untuk celana wanita dihargai Rp 199 ribu.

Pakaian untuk anak-anak atau GAPKids juga ikut dibanderol diskon. Ada yang harganya menjadi Rp 179 ribu lantaran diskon 50%.


Bagaimana Nasib Karyawan?

Meski seluruh outlet GAP dan Banana Republic ditutup, Gilang Agung Persada memastikan bahwa tidak ada pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawannya. Perusahaan akan mengalihkan pegawai ke brand lainnya yang lisensinya dikuasai.

Natasha juga menegaskan tutupnya GAP dan Banana Republic juga bukan berarti kinerja perusahaan melesu. Sebab pihaknya masih memiliki brand lain yang akan menampung para pegawai GAP dan Banana Republic.

Dia juga mengatakan bahwa Gilang Agung Persada kini tengah fokus untuk mengembangkan brand-brand yang berkategori aksesoris fashion yang perputarannya cepat (fast moving fashion accessories). Adapun lisensi distribusi yang dipegang perusahaan di antaranya Lasenza, Casio, VNC, Superdry, Gc, Nautica, Swarovski dan lainnya. (mkj/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed