Follow detikFinance
Rabu, 06 Des 2017 11:36 WIB

Daripada Ditinggal di Mobil, Lebih Baik Anjing Dititipkan

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Kasus Valent, seekor anjing yang ditinggalkan di dalam mobil oleh pemiliknya, masih ramai diperbincangkan di dunia maya. Sebenarnya ada solusi lebih baik, daripada ditinggal di mobil, lebih baik dititipkan saja ke pet hotel atau daycare untuk anjing, lebih aman dan terjamin.

Tapi berapa biayanya?

Salah satu salon dan penitipan anjing di bilangan Kemang, Jakarta Selatan, Vodka & Latte membanderol harga sewa kamar per malam di kisaran Rp 150.000 hingga Rp 275.000. Head of Bussines development Vodka & Latte, Robby menjelaskan harga ini akan disesuaikan dengan jenis dan ukuran anjingnya.

Selain penitipan per malam, Vodka & Latte juga menyediakan layanan daycare untuk penitipan harian, harganya sekitar Rp 75.000 hingga Rp 125.000, ini juga tergantung dari jenis dan besar anjingnya.

"Anjing-anjing yang dititipkan akan mendapatkan fasilitas yang baik, seperti ruangan full AC, diajak bermain oleh penjaganya hingga mendapatkan minum. Karena makanan biasanya dibawa sendiri oleh pemilik," ujar Robby saat dihubungi detikFinance, Selasa (5/12/2017).

Dia menjelaskan, di Vodka & Latte tersedia kamar untuk anjing-anjing titipan mulai dari ukuran medium tersedia 64 kamar, large 35 kamar dan VIP 2 kamar.

Menurut Robby, daycare adalah pilihan tepat untuk pemilik yang senang bepergian ke tempat yang dilarang membawa hewan peliharaan. "Misalnya pemilik mau nge-mal dari pagi sampai malam, bisa dititipkan di daycare saja, karena anjing pasti akan mendapatkan perhatian khusus dari penjaga," ujarnya.

Robby menjelaskan, jika di daycare pemilik tak perlu khawatir dengan kebersihan tempat dan anjing di tempat penitipan.

Pemilik tempat penitipan Derby Winner's House yang berada di bilangan Kelapa Gading, Clara mengatakan, anjing akan lebih nyaman ditempat penitipan jika dibandingkan dengan diajak ke mall dan ditinggal di dalam mobil di parkiran.

"Ketika dititipkan anjing akan mendapatkan tempat yang lebih nyaman dan ruang gerak yang luas, karena pada dasarnya anatomi anjing tidak memungkinkan untuk menerima CO2 terlalu besar," ujarnya.

Clara menjelaskan, jika pemilik ingin menitipkan pemilik juga harus memenuhi persyaratan seperti anjing harus divaksin, bebas kutu dan pemiliknya harus mengantarkan sendiri ke tempat penitipan. Namun Clara enggan menyebutkan berapa kisaran harga untuk penitipan anjing ini. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed