Follow detikFinance
Rabu 06 Dec 2017, 16:16 WIB

Rokok Jadi Penyumbang Terbesar Harta Orang Terkaya RI

Zulfi Suhendra - detikFinance
Rokok Jadi Penyumbang Terbesar Harta Orang Terkaya RI Foto: Dok. Forbes
Jakarta - Jajaran orang terkaya di Indonesia punya sumber kekayaan dari banyak sektor industri. Mulai dari sawit, farmasi, ritel, properti, juga perkebunan dan industri rokok.

Industri rokok saat ini bisa dibilang salah satu penyumbang kekayaan, khususnya bagi Budi dan Michael Hartono, juga Susilo Wonowidjojo. Keduanya pemain industri rokok terbesar di Indonesia.

Keluarga Budi dan Michael Hartono yang merupakan orang terkaya di Indonesia saat ini adalah pemilik pabrik rokok Djarum. Kekayaan Budi dan Michael Hartono 2/3-nya bersumber dari investasi mereka di Bank Central Asia (BCA).


Sementara akar dari kekayaan keluarga berasal dari Djarum yang didirikan oleh ayah Hartono bersaudara ini. Saat ini Djarum dijalankan oleh anak Budi Hartono, Victor.

Kekayaan Budi dan Michael Hartono menurut Forbes di 2017 mencapai US$ 32,3 miliar atau sekitar Rp US$ 32,3 miliar atau setara Rp 436 triliun. Keduanya sudah bertengger di puncak daftar 50 orang terkaya RI selama 9 tahun.

Yang kedua adalah Susilo Wonowidjojo yang juga punya bisnis di industri tembakau. Susilo dan keluarganya mendapatkan sumber kekayaan dari saham Gudang Garam, yang memproduksi 70 miliar batang rokok per tahun.

Ayahnya, Surya, mendirikan Gudang Garam pada 1958 hingga perusahaan tersebut sebagai salah satu industri rokok terbesar di Indonesia. Kakaknya Rachman Halim mengambil alih seperempat abad kemudian hingga kematiannya di 2008.


Susilo kemudian menjadi presiden direktur sejak 2009 hingga kini, sementara saudara perempuannya, Juni Setiawati menjadi presiden komisaris.

Kekayaan Susilo mencapai US$ 8,8 miliar atau Rp 118 triliun

(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed