Follow detikFinance
Rabu 06 Dec 2017, 19:15 WIB

10 Orang Terkaya Dunia Tajir Berkat Teknologi, Bagaimana di RI?

Zulfi Suhendra - detikFinance
10 Orang Terkaya Dunia Tajir Berkat Teknologi, Bagaimana di RI? Foto: Getty Images
Jakarta - 10 orang terkaya di dunia didominasi pebisnis di bidang teknologi. Bill Gates yang merupakan orang terkaya di dunia pun kaya berkat perusahaan rintisannya, Microsoft yang juga produk teknologi.

Lantas bagaimana dengan 10 orang terkaya di Indonesia? Bagaimana mereka menghasilkan pundi-pundi kekayaan?

Terakhir, Forbes merilis nama-nama orang terkaya dunia pada Maret 2017 lalu. Di sana, Bill Gates masih menjadi juaranya dengan total kekayaan US$ 86 miliar atau setara Rp 1.143 triliun (kurs Rp 13.300).


Selanjutnya Jeff Bezos (3), usia 53 tahun yang merupakan pendiri Amazon. Bezos memiliki hampir 17% dari saham Amazon. Hartanya sekarang mencapai US$ 72,8 miliar atau setara Rp 968,2 triliun.

Mark Zuckerberg (5), pendiri Facebook turut mencatatkan namanya dalam daftar 10 orang terkaya di dunia. Usianya baru 32 tahun akan tetapi hartanya mencapai US$ 56 miliar atau setara Rp 744,8 triliun.

Terakhir, yakni Larry Ellison (7) yang merupakan pendiri perusahaan software Oracle. Pria yang berusia 72 tahun tersebut memiliki harta US$ 52,2 miliar atau setara Rp 694,26 triliun.

Nah, di Indonesia, bisnis 10 orang terkaya bermacam-macam. Ada yang menjadi raja di industri rokok, seperti Susilo Wonowidjojo yang merupakan pemilik industri rokok Gudang Garam.

Kemudian Hartono bersaudara yang memiliki Djarum, meski kekayaan terbesarnya berasal dari saham Bank Central Asia (BCA).


Kemudian ada yang bergerak di sektor makanan, seperti Anthoni Salim, yang memiliki 50% saham Indofood. Kemudian Jogi Hendra Atmaja yang merupakan pemilik grup Mayora, produsen makanan jadi seperti biskuit, permen hingga kopi.

Yang lain, ada yang menghasilkan kekayaan dari perkebunan minyak sawit, seperti Eka Tjipta Widjaja, ada yang dari bidang media, ritel, dan lainnya seperti Chairul Tanjung, hingga properti dan bank seperti Tahir dan Mochtar Riady.

Sementara 2 orang lainnya Boenjamin Setiawan dan Sri Prakash Lohia bergerak di bidang industri farmasi dan petrokimia.

(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed