Follow detikFinance
Kamis 07 Dec 2017, 17:10 WIB

Sri Mulyani Andalkan Liburan Akhir Tahun Bantu Ekonomi RI 2017

Hendra Kusuma - detikFinance
Sri Mulyani Andalkan Liburan Akhir Tahun Bantu Ekonomi RI 2017 Foto: Sylke Febrina Laucereno/detikFinance
Jakarta - Pertumbuhan ekonomi nasional pada tahun ini ditarget sebesar 5,2%, namun hingga kuartal III-2017 realisasinya baru sebesar 5,03% jika secara kumulatif.

Oleh karenanya, diperlukan strategi-strategi yang bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi agar bisa tumbuh di atas 5%.

"Kalau di kuartal IV ini kan harapannya konsumsi akan lebih baik lagi dari kuartal kemarin yang 4,93%. Kalau kita ingin tumbuh di atas 5% kita harus mendapatkan konsumsi rumah tangga itu tumbuh 5% dan kuartal IV karena seasonal, libur, pola mereka spending itu ada harapan pick up di kuartal IV," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di JCC, Jakarta, Kamis (7/12/2017).

Sri Mulyani menuturkan, pemerintah di akhir tahun yang terkenal dengan musim libur ini akan tetap menjaga daya beli dengan tingkat inflasi yang rendah. Apalagi program pemerintah sudah berjalan, ditambah dengan likuiditas yang cukup berkelanjutan, serta pemerintah juga menjaga momentum pertumbuhan ekspor yang meningkat di kuartal III-2017.

Dia bilang, bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal terakhir ini bisa berada di atas 5,1%.

"Kita akan mendapatkan pertumbuhan di kuartal IV yang di atas 5,1% bahkan saya mengharapkan di atas 5,2% di kuartal IV, dengan demikian momentum itu tetap terjaga di 2018," ungkap dia.

Lanjut Sri Mulyani, pertumbuhan ekonomi agar bisa mencapai 6% atau seperti yang diinginkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) faktor kuncinya adalah investasi.

Maka dari itu, kebijakan untuk memudahkan berusaha di Indonesia atau ease of doing business (EoDB) harus terus dilakukan. "Selama investasi masih bisa tumbuh probase itu sudah optimis, jadi itu yang kita fokuskan untuk mendekati 6%," kata dia. (mkj/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed