Follow detikFinance
Kamis 07 Dec 2017, 18:05 WIB

Total Harta 50 Orang Terkaya RI Tak Cukup Bayar Utang Pemerintah

Zulfi Suhendra - detikFinance
Total Harta 50 Orang Terkaya RI Tak Cukup Bayar Utang Pemerintah Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Total harta kekayaan 50 orang terkaya di Indonesia mencapai US$ 126 miliar atau setara Rp 1.701 triliun. Jumlah yang sangat besar, namun tak mampu untuk membayar utang pemerintah.

Total kekayaan jajaran orang paling kaya tersebut naik dibandingkan dengan jumlah tahun lalu yang mencapai US$ 99 miliar. Dengan capaian tahun ini juga, jumlah harta orang terkaya di Indonesia mencatatkan sejarah karena melampaui US$ 100 juta.

Harta kekayaan tersebut setara dengan investasi untuk membangun 17.000 km jalan tol. Bisa juga untuk membangun proyek infrastruktur megah lainnya.


Namun, jumlah tersebut belum cukup untuk membayar utang pemerintah yang mencapai Rp 3.866 triliun.

Seperti diketahui, jumlah utang pemerintah terus bertambah. Per akhir September 2017 utang pemerintah sudah mencapai Rp 3.866,45 triliun atau naik Rp 40,66 triliun dari bulan sebelumnya.

Meskipun secara nilai terlihat tampak besar, namun rasio terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) masih terjaga, yaitu 28,6%.

Diketahui rasio tersebut merupakan tolak ukur utang sebuah negara masuk dalam kategori gawat atau tidak. Batas yang dianggap gawat adalah 60% terhadap PDB.

(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed