Follow detikFinance
Senin, 11 Des 2017 18:56 WIB

Ekonomi Turki Melambung di Kuartal III-2017, Tumbuh 11,1%

Maikel Jefriando - detikFinance
Foto: BBC World Foto: BBC World
Istanbul - Ekonomi Turki tumbuh pesat di kuartal III-2017. Turkish Statistics Institute (TUIK) baru saja merilis pertumbuhan ekonomi Turki mencapai 11,1% (year on year/yoy).

Seperti yang dilansir dari AFP, Senin (11/12/2017), raihan tersebut berada di atas ramalan pelaku pasar yang mematok di level 10%.

Bila mengacu pada dua kuartal sebelumnya, kondisi sekarang jauh lebih baik. Di kuartal I dan II 2017, ekonomi Turki hanya mampu tumbuh masing-masing 5,3% dan 5,4%.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bulan lalu sempat mengatakan bahwa publik tidak seharusnya terkejut dengan perekonomian Turki yang tiba-tiba bisa melonjak. Secara keseluruhan tahun diproyeksi mencapai 7%.

Selama tiga tahun ke belakang ekonomi Turki memang cukup terpuruk. Selain ada persoalan jatuhnya harga minyak dunia dan komoditas, negara tersebut juga diganggu ketidakstabilan politik.

QNB Finansbank Research memandang positif perekonomian Turki. Diproyeksi sampai akhir tahun ekonomi Turki bisa tumbuh 6,3%. Meskipun pemerintah Turki disarankan tetap berhati-hati dalam meluncurkan kebijakan.

(mkj/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed