Follow detikFinance
Kamis, 14 Des 2017 14:53 WIB

Jelang Natal, Satgas Pangan Pantau Harga Bahan Pokok di Sumsel

Raja Adil Siregar - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Palembang - Tim gabungan Satgas Pangan Polda Sumatera Selatan memantau harga bahan pokok jelang Natal dan Tahun Baru. Dipastikan 11 bahan pokok sebagai kebutuhan cukup untuk masyarakat di Sumatera Selatan.

"Kami sebagai tim yang tergabung dalam satgas pangan memastikan selama libur Natal dan Tahun Baru, harga pangan atau bahan pokok tidak terjadi kenaikan. Di mana dari segi produksi, ada 11 bahan pokok yang dipastikan cukup untuk Sumatera Selatan," terang Kapolda Sumsel Irjen Zulkarnain Adinegara kepada wartawan di Mapolda, Kamis (14/12/2017).

Selain itu, ia memaparkan, tinggal nanti bagaimana distribusinya sampai ke konsumen dan pihaknya akan pantau jalur pendistribusian agar sampai dan tidak ada permainan harga. Termasuk bekerja sama dengan Bulog untuk melakukan operasi pasar di seluruh kabupaten/kota di Sumatera Selatan.


Pria yang juga mantan Kapolda Riau ini menyebut, harga bahan pokok telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan tidak boleh ada kenaikan harga yang melonjak tinggi. Sehingga jika itu terjadi maka Satgas Pangan akan menyelidiki dan jika ada yang bermain akan kami tangkap.

"Satgas sudah mulai bergerak untuk mengawasi kenaikan harga, tapi sejauh ini harga masih normal dan tidak ada yang mengalami kenaikan drastis. Saya ingatkan, jangan main-main dengan harga karena semua ada aturan. Kalau ketahuan nanti akan kami tindak tegas," sambung Zulkarnain.

Sementara itu, Kepala Bulog Devisi Regional Sumatera Selatan, Bakhtiar mengatakan sejak dua pekan terakhir pihaknya sudah melakukan operasi pasar di beberapa pasar tradisional. Operasi digelar untuk dapat mengendalikan harga pasar agar tidak mengalami kenaikan dan memberatkan konsumen.


"Bulog sudah melakukan kegiatan operasi pasar sejak 2 minggu lalu, ini untuk mengantisipasi terjadinya kenaikan harga. Saat ini permintaan masih sangat tinggi, tetapi tidak seperti pada saat Ramadhan dan Idul Fitri lalu," kata Bakhtiar.

Sedangkan untuk Natal dan Tahun Baru, masyarakat diminta untuk tidak perlu khawatir terhadap ketersediaan bahan pokok. Terutama untuk ketersediaan beras di Sunatera Selatan yang dinilai masih mencukupi untuk stok 3 sampai 4 bulan ke depan.

"Stok beras masih ada sekitar 20.000 sampai 24.000 ton dan ini cukup sampai 3 sampai 4 bulan ke depan dengan harga beras masih dijual Rp 8.100. Selain beras, bahan pokok lain seperti minyak goreng dan gula juga masih tersedia banyak," tutupnya (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed