Follow detikFinance
Kamis 14 Dec 2017, 19:05 WIB

JK: Akuntan Penting Bagi Negara

Angling Adhitya Purbaya - detikFinance
JK: Akuntan Penting Bagi Negara Foto: Dok. Tim Media Wapres
Semarang - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) membuka peringatan 60 tahun Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) di Kota Semarang, Jawa Tengah. Jusuf Kalla menilai profesi akuntan penting untuk kelangsungan sebuah negara.

"Profesi akuntan itu penting di manapun," kata Wapres membuka acara yang digelar di Crown Hotel lantai 7, Jalan Pemuda, Semarang, Kamis (14/12/2017).

Menurut JK, tanpa akuntan, perusahaan bahkan negara akan goyah. Laporan akuntansi yang rinci dan transparan sangat berpengaruh.

"Tanpa akuntan maka negara akan kocar-kacir. Tanpa akuntan negara tidak mengetahui apa yang akan dilakukan atau akan mendapat masalah karena tidak perhatikan pandangan akuntan," jelas JK.

Hal senada diungkapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati usai mengisi materi di acara tersebut. Akuntan menurut Sri Mulyani mampu mendeteksi kelemahan dan risiko pengelolaan keuangan negara maupun perusahaan sehingga bisa diminimalisir

"Dengan demikian negara bisa makin maju menggunakan resource-nya secara efisien, bisa berikan warning kepada masyarakat dan pengelola agar menjaga risiko yang bisa di-manage. Ini suatu peran penting terutama saat perekonomian makin kompleks," terang Sri Mulyani.

Dalam acara tersebut Wapres membuka dengan pemukulan gong. Turut hadir sejumlah menteri antara lain Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menristekdikti M Nasir, dan MenkumHAM Yasona Laoly. (alg/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed