Follow detikFinance
Minggu 17 Dec 2017, 14:23 WIB

Jelang Akhir Tahun, Harga Sembako di Jakarta Terus Naik

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Jelang Akhir Tahun, Harga Sembako di Jakarta Terus Naik Foto: Puti Aini Yasmin
Jakarta - Jelang akhir tahun, harga komoditas pangan secara rata-rata mengalami kenaikan. Ini juga dipengaruhi oleh cuaca ekstrem yang menyebabkan banjir di beberapa daerah.

Dipantau detikFinance dari Pasar Senen, Jakarta Pusat harga pangan mulai dari cabai hingga daging ayam naik. Kenaikan ini diakui pedagang telah terjadi dalam satu minggu terakhir.

Salah satu pedagang di Pasar Senen, Putra mengatakan bahwa telah terjadi kenaikan harga pangan sejak satu minggu terakhir. Kenaikan ini terjadi karena musim hujan dan jelang hari raya Natal.

Jelang Akhir Tahun, Harga Sembako di Jakarta Terus Naik.Jelang Akhir Tahun, Harga Sembako di Jakarta Terus Naik. Foto: Puti Aini Yasmin

Ia mencontohkan kenaikan harga pada komoditas cabai. Kenaikan harga tersebut naik hingga Rp 10 ribu/kg.

"Cabai naik semua (harganya). Kan hujan sama Natal," kata salah satu pedagang, Putra di Pasar Senen, Jakarta, Minggu (17/12/2017).

Ia mengatakan untuk kenaikan harga cabai yang paling tinggi terjadi pada jenis cabai merah keriting. Cabai tersebut melonjak menjadi Rp 45 ribu/kg dari yang semula Rp 35 ribu/kg.

"Paling naik ini (cabai merah keriting) Rp 45 ribu/kg. Biasanya cuma Rp 35 ribu/kg," sambungnya.

Jelang Akhir Tahun, Harga Sembako di Jakarta Terus Naik.Jelang Akhir Tahun, Harga Sembako di Jakarta Terus Naik. Foto: Puti Aini Yasmin

Kemudian, harga jenis cabai yang lain naik sekitar Rp 5 ribu/kg. Misalnya seperti cabai rawit merah Rp 35 ribu/kg dari Rp 30 ribu/kg, cabai merah besar Rp 35 ribu/kg dari Rp 30 ribu/kg dan cabai rawit hijau Rp 30 ribu/kg dari Rp 25 ribu/kg.

"Rawit merah Rp 35 ribu/kg biasanya Rp 30 ribu/kg, cabai merah besar biasanya Rp 30 ribu/kg sekarang Rp 35 ribu/kg. Terus cabai rawit hijau Rp 30 ribu/kg biasanya Rp 25 ribu/kg," imbuhnya.

Selain cabai, komoditas lain yang juga mengalami kenaikan adalah tomat dari harga Rp 20 ribu/kg menjadi Rp 25 ribu/kg, jagung Rp 8 ribu/kg dari Rp 5 ribu/kg, kentang menjadi Rp 16 ribu/kg dari Rp 12 ribu/kg dan wortel Rp 15 ribu/kg dari Rp 10 ribu/kg.

"Tomat mahal, Rp 25 ribu/kg biasanya Rp 20 ribu. Kalau jagung Rp 8 ribu/kg dari Rp 5 ribu/kg, kentang Rp 16 ribu/kg dari Rp 12 ribu/kg, wortel Rp 15 ribu/kg," kata pedagang, Purwanto.

Jelang Akhir Tahun, Harga Sembako di Jakarta Terus Naik.Jelang Akhir Tahun, Harga Sembako di Jakarta Terus Naik. Foto: Puti Aini Yasmin

Sedangkan pangan yang tidak mengalami kenaikan harga adalah bawang merah dan bawang putih. Harga bawang merah dan putih dipatok dengan harga Rp 30 ribu/kg.

"Bawang merah sama putih standar lah nggak naik. Rp 30 ribu/kg," pungkasnya.

Jelang Akhir Tahun, Harga Sembako di Jakarta Terus NaikJelang Akhir Tahun, Harga Sembako di Jakarta Terus Naik Foto: Puti Aini Yasmin
.

Di Pasar Senen, daging sapi masih dijual dengan harga Rp 115 ribu/kg, daging ayam Rp 35 ribu-40 ribu/kg, daun sledri dijual dengan harga Rp 40 ribu/kg hingga 50 ribu/kg. Sedangkan brokoli dijual Rp 35 ribu/kg.


Berikut ini daftar harga bahan pangan di Pasar Pondok Senen, Jakarta Pusat pada (17/12/2017):
  • Cabai keriting merah Rp 45 ribu per kg
  • Cabai rawit merah Rp 35 ribu per kg
  • Cabai merah besar Rp 35 ribu per kg
  • Cabai rawit hijau Rp 30 ribu per kg
  • Tomat Rp 25 ribu per kg
  • Jagung Rp 8 ribu per kg
  • Kentang Rp 16 ribu per kg
  • Wortel Rp 15 ribu per kg
  • Daun sledri Rp 50 ribu per kg
  • Brokoli Rp 35 per kg
  • Daging sapi Rp 115 ribu per kg
  • Daging ayam Rp 35 ribu sampai Rp 40 ribu per kg
(mkj/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed