Sri Mulyani Bakal Beri Pizza ke KPP yang Kumpulkan Pajak 100%

Hendra Kusuma - detikFinance
Rabu, 20 Des 2017 17:27 WIB
Foto: Ardan Adhi Chandra
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memiliki strategi khusus dalam mengejar penerimaan pajak yang telah ditetapkan pada APBN-P Tahun Anggaran 2017 yakni sebesar Rp 1.283,6 triliun.

Sri Mulyani tidak segan untuk memberikan hadiah kepada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) yang berhasil mencapai target 100% dari yang telah ditetapkan. Hadiah yang akan diberikan adalah pizza.

"Kemudian seluruh KPP sudah di-assign berdasarkan targetnya mereka, dan kita track berapa mereka dekati target itu. Ada strategi khusus, mereka yang sudah 100% akan dikirimi pizza," kata Sri Mulyani saat Konferensi Pers APBNP 2017 di Gedung Djuanda I, Jakarta, Rabu (20/12/2017).

Sri Mulyani mengaku, target penerimaan pajak pada tahun ini bakal tidak 100% terealisasi. Dirinya bilang, penerimaan akan mengalami kekurangan atau shortfall sekitar Rp 110 triliun sampai Rp 130 triliun.

"Kita masih akan terus mengupayakan penerimaan pajak, terus mengupayakan. Strategi ada strategi khusus," tambah dia.

Untuk strategi yang akan dilakukan adalah melihat penerimaan seluruh perusahaan dan perorangan. Lalu, melihat sektor komoditas pasca kenaikan harga, memaksimalkan data program pengampunan pajak, dan yang pasti tidak akan melakukan ijon atau memungut pajak tahun depan di tahun berjalan.

"Dengan cara seperti itu, dan saya tidak bolehkan adanya ijon, tapi dia capture seluruh potensi penerimaan pajak yang ada, kami tetap melihat shortfall itu ada Rp 110 triliun-Rp 130 triliun," tukas dia. (mkj/mkj)