Follow detikFinance
Jumat, 22 Des 2017 17:45 WIB

Mau Pasang CCTV Tapi Budget Terbatas? Bisa Kok

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Fadhly F Rachman/detikFinance Foto: Fadhly F Rachman/detikFinance
Jakarta - Penggunaan sistem keamanan seperti Closed Circuit Television (CCTV) memang dibutuhkan untuk bisa mengawasi kondisi rumah kosong yang ditinggalkan. Kendati begitu, harga yang yang mencapai jutaan rupiah terkadang menjadi kendala untuk memasang kamera pengintai tersebut.

Pemilik PT Komala Jaya Sejahtera, H. Jaya S, mengungkapkan CCTV masih bila dimiliki walaupun memiliki dana yang terbatas. Adapun CCTV yang bisa digunakan bukan berupa paket, tapi dengan CCTV dengan model satu unit kamera saja.

"Jadi bisa kamera paket tapi belinya diecer atau satuan. Atau ada juga yang memang CCTV khusus kamera tunggal cuma bisa lewat handphone, wifi camera namanya, kalau dulu baby monitor namanya," kata Jaya saat berbincang dengan detikFinance di kiosnya, Jakarta, Jumat (22/12/2017).

Jaya mengatakan, untuk CCTV jenis tersebut dibandrol dengan harga Rp 350 ribu hingga Rp 1 juta tergantung merek. Harga itu jelas lebih terjangkau dibanding paket CCTV untuk beberapa channel.

"Itu cuma satu kamera, pakai handphone, dan rekamannya pakai mini sd card," katanya.

Lebih lanjut Jaya mengatakan, untuk jenis tersebut hanya bisa bertahan beberapa jam karena menggunakan memori atau tempat penyimpanan yang rendah. Berbeda dengan paket CCTV yang menggunakan hardisk, bisa berhari-hari melakukan perekaman.

"Jadi semua itu tergantung pilihan dan kebutuhan, ada plus-minusnya di setiap pilihan itu," ujarnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed