Follow detikFinance
Minggu, 24 Des 2017 13:36 WIB

Jelang Akhir Tahun, Tingkat Hunian Hotel di Bali Penuh

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: (Irwan Reza Pahlevi/ dTraveler) Foto: (Irwan Reza Pahlevi/ d'Traveler)
Jakarta - Akhir tahun tinggal hitungan hari lagi. Pulau Dewata sebagai salah satu tempat tujuan wisata mengalami lonjakan hunian. Kenaikannya diperkirakan mencapai 80%.

Penasihat Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Bali, Panudiana Kuhn mengatakan bahwa saat ini tingkat hunian di Bali sudah terisi antara 70%-80%. Peningkatan ini dikatakan terjadi sejak tanggal 20 Desember hingga 5 Januari nanti.

"Ya lumayan penuhnya 70%-80%. Pokoknya sekarang ini sudah bagus. Dari beberapa hari lalu ini kan mau natalan, lima hari sebelum natal lah sudah (naik) sampai tanggal 5 Januari pastinya," kata Panudiana saat dihubungi detikFinance, Minggu (24/12/2017).

Sementara itu, dihubungi terpisah Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati mengatakan bahwa peningkatan hunian di Bali dikarenakan beberapa hal. Misalnya karena bersamaan dengan kondisi peak season.

"Ini pertama karena peak season, kedua karena status keadaan daruratnya sudah dicabut dan ketiga karena ada promo hunian antara 30-50% dan waktu presiden dan menteri datang," sebut pria yang akrab disapa Oka ini.

Ia memaparkan berkat hal tersebut, kenaikan hunian hotel di Bali mencapai 75%. Namun angka tersebut dikatakan Oka lebih kecil dari yang diperkirakan. Pasalnya sampai saat ini masih ada kendala terkait penerbangan dari China.

"Kita masih ada kendala dengan wisatawan China yang belum datang ke Bali. Kalau nggak gitu sebenarnya peningkatan sudah terjadi 85%-90%," pungkasnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed