Follow detikFinance
Kamis 28 Dec 2017, 13:50 WIB

TransJakarta: OK OTrip Hanya Alternatif Pembayaran

Zulfi Suhendra - detikFinance
TransJakarta: OK OTrip Hanya Alternatif Pembayaran Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - PT Transportasi Jakarta membantah pembayaran memakai OK OTrip menggeser mode pembayaran lainnya. Masyarakat tetap memiliki pilihan cara membayar tiket TransJakarta.

Hal ini sekaligus menyangkal kabar bahwa dengan hadirnya OK OTrip, sistem pembayaran TransJakarta menjadi tertutup.

"Itu tidak benar, masyarakat tetap bisa menggunakan kartu lain. Sistem kita masih open (terbuka) untuk semua kartu," tutur Manager Humas PT Transportasi Jakarta, Wibowo saat dihubungi detikFinance, Kamis (28/12/2017).

Wibowo mengatakan, Ok OTrip merupakan program dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Dia menyebut sistem pembayaran ini hanya sebuah alternatif pembayaran.

"Jadi masyarakat tetap memiliki pilihan untuk membayar pakai apa," jelasnya.

Sebelumnya beredar kabar, Komunitas Transportasi Indonesia mengkritik program Ok OTrip karena dinilai membuat sistem pembayaran TransJakarta menjadi tertutup.

Ketua Presidium Komunitas Transportasi Indonesia Musa Emyus mengatakan, hal ini tak sesuai dengan program pemerintah dalam hal Gerakan Nasional Non Tunai.

"PT Trans Jakarta telah melakukan proses logika berfikir terbalik dari terbuka menjadi tertutup. Padahal kartu yang diterbitkan oleh Bank dirancang untuk bisa digunakan bagi seluruh moda pembayaran dalam gerakan non tunai, baik membayar tol, naik angkutan umum, dan lain sebagainya dan sudah digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat," kata Musa. (zlf/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed