Follow detikFinance
Minggu 31 Dec 2017, 15:56 WIB

Rini Soemarno ke Bos ASDP: Dermaga Kita Sudah Tua, Perbaiki!

Hendra Kusuma - detikFinance
Rini Soemarno ke Bos ASDP: Dermaga Kita Sudah Tua, Perbaiki! Foto: Hendra Kusuma/detikFinance
Lombok - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meminta Direktur Utama PT ASDP Indonesia Fery Ira Puspadewi untuk memperbaiki fasilitas dermaga yang berada di Pelabuhan Kayangan dan Pelabuhan Poto Tano.

Rini menyebutkan, ASDP merupakan BUMN transportasi angkutan penumpang sehingga fasilitas dermaga perlu untuk terus diperbaiki.

"Ini nanti tolong diperbaiki juga ya," kata Rini kepada Direktur Utama PT ASDP, sembari menunjuk bagian dermaga yang mengganggu perhatiannya.

Menurutnya, sejumlah bagian dermaga tampak usang dimakan usia sehingga sudah waktunya untuk diperbaiki.

"Fasilitas dermaga, yang ke depan akan diperbaiki, sudah tua. Sehingga masyarakat akan lebih nyaman, program pelayanan publik ini lebih baik dan masyarakat bisa nyaman," sambung Rini di atas KMP Raja Enggano, Lombok, Minggu (31/12/2017).

Rini tengah melakukan kunjungan kerja di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk melihat langsung kesiapan layanan transportasi angkutan penumpang dan juga melakukan dialog bersama mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa (UTS).

Selain fasilitas dermaga, Dia juga memberikan pesan untuk meningkatkan kebersihan kapal. Sebab, kebersihan menjadi salah satu faktor kenyamanan untuk para penumpang yakni masyarakat lokal maupun para wisatawan.

"Ini kan enggak ada pilihan lagi, jadi harus meningkatkan layanan, kalau dulu kan asal ada saja, kalau sekarang tidak bisa," ungkap dia.

Sementara itu, Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi mengatakan, kapal yang dioperasikan ASDP untuk rute Kayangan-Poto Tano sebanyak 4 kapal dari total 24 kapal yang melayani.

"Kalau di sini operasional 24 jam, makanya mau penuh atau tidak ASDP terus bergerak, dia harus berputar," ungkap Ira.

Lanjut Ira mengungkapkan, ASDP memiliki peran sebagai jembatan gerak bagi masyarakat yang ingin pergi antar pulau. Terdapat 206 titik yang dioperasikan seluruh Indonesia.

Mengenai pertumbuhan penumpang, untuk liburan Natal dan Tahun Baru meningkat sebesar 20% jika dibandingkan dengan hari-hari biasa. Sedangkan dibandingkan dengan tahun sebelumnya meningkat rata-rata 5%.

"Di sini kan 24 jam, penumpangnya bisa sampai kurang lebih 1.000 orang per hari," tutup dia. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed