Follow detikFinance
Selasa, 02 Jan 2018 14:52 WIB

Mulai Besok, PNS Brebes Wajib Borong Bawang Minimal 2 Kg

Imam Suripto - detikFinance
Foto: Eduardo Simorangkir/detikFinance Foto: Eduardo Simorangkir/detikFinance
Brebes - Bupati Brebes, Idza Priyanti memerintahkan kepada semua Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Brebes, Jawa Tengah, untuk melakukan aksi borong bawang merah. Aksi ini untuk membantu para petani bawang merah yang sedang mengalami kerugian besar akibat anjloknya harga.

Rencananya, aksi beli bawang merah ini akan mulai dilaksanakan Rabu 3 Januari 2018 besok. Hal itu menyusul Surat Edaran (SE) Bupati Brebes kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pemkab Brebes, terkait pembelian bawang merah.

"Hari ini, surat edarannya sudah saya kirimkan ke setiap SKPD dan secepatnya pembelian bawang dilakukan," tandas Bupati Brebes, Idza Priyanti, usai memimpin apel di hari pertama masuk kerja setelah libur akhir tahun, di halaman Kantor Bupati, Selasa (2/1/2018).

Dalam SE itu bupati menginstruksikan agar seluruh ASN di Pemkab Brebes untuk membeli bawang merah dari petani, minimal 2 kilogram (kg) setiap ASN dengan harga Rp 18.000 per kg. Langkah itu dilakukan sebagai salah satu upaya menyerap hasil panen bawang merah petani yang saat ini harganya jatuh.

"Setiap ASN ini minimal membeli 2 kg bawang dengan harga Rp 18.000/kg. Harga ini di atas harga pasaran saat ini yang hanya Rp 4.000/kg. Jadi ini bisa sedikit membantu pendapatan petani dan harga bawang bisa stabil," terangnya.

Sementara, Sekertaris Daerah (Sekda) Pemkab Brebes, Emastoni Ezam mengungkapkan, pembelian bawang merah oleh ASN di jajarannya akan bekerjasama dengan kelompok tani yang ada di wilayahnya. Setiap ASN di SKPD akan melakukan pembelian bawang merah di kelompok tani yang berbeda. Ini bertujuan agar penyerapan bawang merah langsung di petani itu bisa merata.

"Besok sudah kami mulai aksi pembelian bawang merah ini. Hari ini (kemarin) Bupati telah mengirimkan surat edaran, dan saya sudah perintahkan Asisten II untuk langsung berkoordinasi dengan kelompok tani," terangnya.

Dia menambahkan, jumlah total ASN di lingkungan Pemkab Brebes, termasuk para guru ada sebanyak 12.000 orang. Sehingga, dengan pembelian setiap ASN sebanyak 2 kg, minimal nantinya akan menyerap bawang petani sebanyak 24 ton.

"Ini tentu kami harapkan bisa membantu mendongkrak harga bawang yang sekarang sedang jatuh akibat panen raya," pungkasnya.

Seperti diketahui, saat ini harga bawang merah di Brebes sedang turun. Bawang kualitas super Rp 7.000-8.000 per kg. Sedangkan kualitas standar Rp 4.000/kg. Akibat anjloknya harga ini, petani menderita kerugian yang cukup besar. (ang/ang)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed