Follow detikFinance
Selasa 02 Jan 2018, 20:04 WIB

Kapan Bea Masuk e-Book Cs Diterapkan? Ini Kata Sri Mulyani

Hendra Kusuma - detikFinance
Kapan Bea Masuk e-Book Cs Diterapkan? Ini Kata Sri Mulyani Foto: Dok. Kemenkeu.
Jakarta - Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan telah mewacanakan untuk mengenakan bea masuk terhadap impor barang tidak berwujud atau intangible goods, seperti e-book, musik, film pada awal 2018.

Komitmen pemerintah untuk mengimplementasikan kebijakan itu pun bukan cuma hisapan jempol belaka. Pasalnya, pihak Ditjen Bea dan Cukai bersama Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita telah memperjuangkannya di forum World Trade Organization (WTO) tahun lalu di Argentina.

Meski demikian, apakah bea masuk untuk barang tak berwujud jadi diimplementasikan ?


Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan, pemerintah belum memberikan keputusan terkait dengan kebijakan yang telah diperjuangkan dalam WTO.

"Kita belum memutuskan itu, tetapi kalau yang berasal dari pertemuan Menteri Perdagangan di dalam WTO, bahwa posisi Indonesia terhadap barang-barang intangible harus sama dengan barang konvensional," kata Sri Mulyani di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Selasa (2/1/2018).

Menurut Sri Mulyani, pengenaan bea masuk pada barang tak berwujud ini juga harus dilakukan sebagaimana yang dikenakan pada barang-barang konvensional, tujuannya untuk menciptakan kesetaraan atau level of playing field.


"Sama seperti perusahaan yang basisnya digital sama dengan perusahaan konvensional itu treatment perpajakannya harus sama dan adil," ungkap dia.

Oleh karena itu, sebelum benar-benar mengimplementasikannya akan lebih dahulu membuat formulasi antara DJBC, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Perindustrian di bawah koordinasi Kemenko Bidang Perekonomian.

"Jadi kita formulasikan di mana 2018 nanti dengan Mendag, Menperin di bawah koordinasi Kemenko Perekonomian," tutup dia. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed