Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 05 Jan 2018 13:56 WIB

Australia Ingin Jadi Pemasok Ganja Terbesar di Dunia

Mochammad Prima Fauzi - detikFinance
Foto: Australia Plus ABC Foto: Australia Plus ABC
Jakarta - Australia memiliki ambisi untuk menjadi negara terbesar yang mengekspor ganja ke seluruh dunia. Rencana ini diungkap oleh pemerintah Australia yang mengatakan telah melegalkan ekspor ganja untuk keperluan pengobatan.

"Kami ingin menjadi pemasok potensial nomor satu di dunia," ungkap Menteri Kesehatan Australia, Greg Hunt dikutip dari CNN Money, Jumat (5/1/2018).

Menteri Kesehatan tersebut mengharapkan keputusannya dapat menguatkan produsen pasar dan memastikan pasokan untuk pasien di Australia tetap stabil.

"Tujuan kami adalah untuk memastikan produsen di Australia memiliki kesempatan menjadi nomor satu dalam derajat tertinggi obat ganja di dunia," imbuhnya.

Sementara itu beberapa ahli mengatakan kebijakan itu bisa menjadi ledakan industri untuk Australia.


"Itu bisa membuka pintu air untuk investasi luar negeri Australia," ungkap Niv Dagan, direktur di perusahaan investasi, Peak Asset Management.

Ia memprediksi bahwa pasar ganja untuk pengobatan bakal berlipat empat kali lipat menjadi US$ miliar pada 2020.

Australia melegalkan pasien untuk memanfaatkan pengobatan ganja di tingkat federal pada 2016. Sementara negara yang masih menjadi pemain besar dalam ekspor ganja masih dipegang oleh Kanada dan Belanda.

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com