Follow detikFinance
Senin 08 Jan 2018, 23:08 WIB

Pilkada Hingga Asian Games Bisa Dongkrak Daya Beli Penduduk RI

Hendra Kusuma - detikFinance
Pilkada Hingga Asian Games Bisa Dongkrak Daya Beli Penduduk RI Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Pemerintah menuturkan, gelaran acara mulai dari pilkada serentak, Asian Games dan pertemuan IMF-World Bank yang berlangsung di 2018 akan memberikan pengaruh positif terhadap perekonomian nasional.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan, pengaruh positif dari rangkaian acara tersebut salah satunya mendorong daya beli masyarakat.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menuturkan, pertumbuhan konsumsi rumah tangga tahun ini akan tetap berada di level 4,9% sampai 5%, lalu investasi tetap tumbuh di atas 7%, begitu juga ekspor.

"Beberapa event internasional ini dari sisi konsumsion, Asian Games Jakarta-Palembang, IMF-World Bank meeting, semester II Agustus dan pilkada juga semester kedua," kata Sri Mulyani saat acara Dialog perkembangan makro fiskal 2017 dan langkah-langkah kebijakan makro fiskal 2018 bersama pengusaha, pengamat ekonomi dan juga pimpinan media di Gedung Djuanda I, Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (8/1/2018).

Dia menyebutkan, peningkatan konsumsi rumah tangga mulai meingkat pada saat Hari Raya Lebaran atau idul fitri yang jatuh pada bulan Juni 2018.

"Kalau anda perhatikan lebaran maju Juni, habis itu hiruk pikuk event internasional itu diharap konsumsi naik, investment bisa meningkat," jelas dia.

Sementara itu, Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P Roeslani mengatakan, pemberian rating layak investasi dari beberapa lembaga pemeringkat utama kepada RI juga selain bagus buat investasi juga bisa mendongkrak daya beli masyarakat.

Meski demikian, kata Rosan, pemerintah harus tetap menyiapkan upaya lain untuk meningkatkan daya beli masyarakat di tahun 2018.

"Untuk menjaga paling tidak supaya daya beli konsumsi tetap terjaga, pertanyaan saya di situ, walau ada beberapa hal-hal yang bisa menstimulus seperti imlek, lebaran di Juni, Asian Games, IMF, ya mudahan itu bisa menstimulus, bisa mendongkrak konsumsi rumah tangga kita," kata Rosan. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed