Luncurkan Operasi Pasar, Mendag: 1-2 Hari Harga Beras Turun

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 09 Jan 2018 09:56 WIB
Foto: Muhammad Idris
Jakarta - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita akan memantau pergerakan harga beras dalam 1-2 hari ini setelah melaksanakan peluncuran Operasi Pasar (OP) oleh Perum Bulog di Gudang Perum Bulog Divre DKI Jakarta dan Banten, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

"Dengan diluncurkannya ini (operasi pasar) maka kita akan lihat 1-2 hari ini harusnya harga (beras) akan langsung turun kembali," kata Enggar sebelum meresmikan OP beras menggunakan cadangan beras pemerintah (CBP), Selasa (9/1/2018).

Enggar menyatakan bahwa jika dalam waktu 2 hari ini harga beras belum kunjung turun maka akan ada tindakan tegas. Pasalnya dengan digelontorkannya beras dalam OP CBP ini harapannya ketersediaan beras terjaga. Harusnya itu membuat harga beras stabil.

"Kalau tidak (turun harga beras) kita akan cek betul dari atas sampe bawah, dari distributor 1, 2, 3, kita akan lihat penyebab kenaikan disparitas harga yang tinggi," ujarnya.

[Gambas:Video 20detik]


Direktur Utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti ikut menambahkan bahwa pihaknya memiliki harapan yang sama, yakni dengan didistribusikannya beras lewat operasi pasar ini, harga beras bisa berangsur stabil di harga yang sudah ditetapkan.

"Dalam rangka mendorong semakin banyak beras pemerintah dikucurkan ke pasar dengan harapan suplai beras ke masyarakat lebih seimbang dan harga kembali ke harga yang kita harapkan bersama, tambahnya.

Sebagaimana diketahui, saat meresmikan OP CBP, Enggar didampingi Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Tjahya Widayanti, Sekretaris Jenderal Kemendag Kariyanto Supri, dan Inspektur Jenderal Kemendag Srie Agustina serta Dirut Bulog. (dna/dna)