Follow detikFinance
Jumat, 12 Jan 2018 13:38 WIB

Petani Minta Bulog Segera Beli Hasil Panen Bawang Merah

Imam Suripto - detikFinance
Foto: Imam Suripto/detikcom Foto: Imam Suripto/detikcom
Brebes - Perwakilan kelompok tani yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Jumat (12/1/2018) menggelar aksi demo di kantor Sub Divre VI Bulog Wilayah Pekalongan di Jalan Kolonel Sugiono Kota Tegal. Mereka mendesak pihak Bulog segera membeli produk petani Brebes, bawang merah yang saat ini sedang anjlok harganya.

Rombongan petani Brebes ini datang menggunakan dua mobil truk. Setiba di kantor Bulog, mereka langsung menggelar orasi. Beberapa spanduk berukuran besar dibentang di depan kantor bulog.


Nurjanto, salah seorang petani yang ikut berorasi mengatakan, kedatangannya ke bulog untuk mempertanyakan keseriusan bulog yang akan membeli bawang petani. Selama ini, instruksi Menteri Pertanian yang menginstruksikan agar bulog membeli bawang petani belum ditindaklanjuti di daerah-daerah.

"Kami minta segera agar bulog menyerap hasil panen petani sesuai instruksi Menteri Pertanian pada saat berkunjung ke Brebes tahun 2017 lalu. Tapi sudah setahun ini belum terealisasi," ujar Nurjanto.


Para petani ini meminta agar Bulog membeli dengan harga Rp 15.000 - 18.000 per kg. Dengan harga ini akan membantu petani bawang yang sedang mengalami kerugian akibat harganya anjlok. Di pasaran saat ini harga bawang pada kisaran Rp 4000 sampai 8.000 per kg tergantung ukurannya.

Menanggapi tuntutan petani bawang merah, Kepala Sub Divre VI Bulog Pekalongan, Mukhson menyatakan, secara bertahap bulog sudah melakukan instruksikan Menteri Pertanian. Saat ini Bulog sudah membeli gudang bawang di Desa Klampok Kecamatan Wanasari.

"Kamu sudah membeli gudang di Wanasari, secara bertahap bulog akan menindaklanjuti dengan membeli bawang mereka," kata Mukhson.

(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed