Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 17 Jan 2018 19:53 WIB

Nelayan Pendemo Senang Cantrang Boleh Dipakai Lagi

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, mengizinkan lagi nelayan memakai cantrang. Kebijakan Susi ini disambut gembira para pendemo di depan Istana Merdeka, Jakarta, yang menolak larangan penggunaan alat tangkap ikan itu.

Contohnya Trio, nelayan dari Rembang, Jawa Tengah, yang mengaku lega bisa bekerja lagi setelah sebulan nganggur tidak melaut. Alhasil, Trio terpaksa memenuhi kebutuhan keluarga dengan berutang.

Setelah Susi mengizinkan lagi penggunaan cantrang, Trio akan kembali mengurus surat izin melaut.




"Semoga ini seterusnya, senang ya. Kalaupun ternyata tidak (diizinkan lagi) pasti akan demo lagi. Kerja apa kalau cantrang enggak ada," kata Trio kepada detikFinance, Rabu (17/1/2018).

Selain Trio, Fuad, nelayan asal Brebes, mengaku senang dengan kebijakan Menteri Susi. Dia menjelaskan, setuju dengan persyaratan yang diberikan dan akan memulai proses surat izin untuk melaut.


"Semoga ini seterusnya ini bisa, seneng ya. Kalaupun ternyata tidak (diizinkan lagi) pasti akan demo lagi. Kerja apa kalau cantrang enggak ada," papar dia.

Sebagai informasi, sebelumnya Susi memberi toleransi penggunaan cantrang hingga akhir Desember 2017, dan mulai Januari 2018 hingga seterusnya cantrang tidak boleh dipakai lagi.

Berjalan beriringan dengan kebijakan itu, Susi juga membagi-bagi alat tangkap ramah lingkungan kepada para nelayan dan bantuan kapal perikanan. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed