Mau Beli Emas Shio Anjing? Begini Caranya

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Kamis, 18 Jan 2018 14:33 WIB
Foto: Dok Antam
Jakarta - PT Aneka Tambang Tbk (Antam) meluncurkan emas batangan bertemakan Imlek bergambar anjing tanah yang dibuat khusus untuk edisi tahun 2018. Emas ini dijual dengan harga Rp 56 juta/keping. Bagaimana cara membelinya?

Produk Development Manager Logam Mulia PT Antam Ilham Iskandar menjelaskan, beberapa wilayah di Jakarta dan beberapa kota lainnya seperti Bandung, Medan, Semarang, Surabaya sudah bisa langsung membeli di gerai Antam terdekat.

"Jadi sistemnya bisa langsung ke butik emas kemudian pesan langsung itu bisa langsung bayar tunai dan dapat barangnya, beberapa daerah sudah tersedia. Tapi khusus untuk beberapa daerah di luar pulau jawa harus pesan dulu," kata dia kepada detikFinance, Kamis (18/1/2018).

Proses pemesanan juga harus dilakukan sendiri oleh konsumen yang akan membeli logam mulia. Terlebih emas yang satu ini terbatas yaitu hanya diproduksi 1000 keping.

"Kalau bawa NPWP, pajaknya 0,45% kalau enggak bawa, pajaknya 0,9%. Konsumen enggak wajib harus bawa NPWP, hanya lebih mahal saja nanti kalau beli emasnya," ujar dia.

Dari proses pemesanan di gerai Antam sampai barang tersedia, Ilham menjelaskan hanya butuh waktu 3 hari selama jadwal kerja.

"Untuk pemesanan harus dibayar lunas, kemudian kalau pesan paling hanya selama tiga hari kerja, sistemnya nanti dari pesan sendiri dan ambil sendiri," ujar dia.

Sebagai informasi, Antam membuat khusus emas batangan seberat 88 gram dengan ukiran anjing tanah dengan harga sekitar Rp 56 juta.

Melalui Unit Bisnis Pengelolaan dan Pemurnian Logam Mulia (UBPP LM) meluncurkan emas batangan dengan tema imlek ini merupakan sambutan dari hari tahun baru Cina yang akan berlangsung pada Februari 2018.

Dari pantauan detikFinance bentuk dari emas keluaran terbaru milik Antam ini memang begitu menarik. Bagian permukaan terdapat dua lampion yang tengah digantung serta ucapan Selamat Tahun Baru Imlek dan Gong Xi Fa Cai yang dibentuk memutar. Di tengah tulisan ucapan terdapat juga tahun 2018 serta di bagian bawah ucapan terdapat tulisan keberuntungan dalam bahasa mandarin.

Sementara itu di bagian belakang emas batangan tampak ukiran dari ajing tanah dengan bulu yang lebat yang tampak tengah berlari. Ada pula tulisan mandarin yaitu anjing di bagian kiri bawah dari emas dengan tema imlek kali ini. Ketika digenggam ukurannya tidak jauh berbeda dengan ukuran emas dengan berat 100 gram hanya saja bentuk daru emas imlek ini begitu menarik.

Jika Hello Kitty berorientasi ekspor, maka untuk emas batangan bertemakan imlek ini hanya dipasarkan di Indonesia.

Setelah sebelumnya, Logam Mulia Antam memang telah mengeluarkan beberapa seri edisi khusus, yaitu meluncurkan edisi Hello Kitty, edisi batik, emas batangan kemasan Natal, kemasan Idul Fitri. (dna/dna)