Follow detikFinance
Kamis, 18 Jan 2018 15:36 WIB

Perpres Soal Upgrade Sistem IT Pajak Rampung Tahun Ini

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Hasan Alhabshy Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Direktur Jenderal Pajak, Robert Pakpahan mengatakan bahwa Peraturan Presiden (Pepres) tentang core tax sedang dalam tahap finalisasi.

Robert menjelaskan bahwa Pepres tentang core tax hingga saat ini belum diterbitkan. Pihaknya pun berharap Pepres tersebut bisa terbit pada tahun ini.

"Pepresnya lagi difinalisasi. Belum keluar perpresnya. Hopefully 2018 kita bisa procure," katanya di Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, Kamis (18/1/2018).



Sebagai informasi, core tax administration system adalah sistem teknologi informasi yang menyediakan dukungan terpadu bagi pelaksanaan tugas Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Sebelumnya, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, sistem teknologi informasi di perpajakan butuh ditingkatkan berdasarkan perkembangan yang terjadi.

Hal ini disampaikan dia sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Sidang Kabinet yang bertujuan memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat.

"Seperti diketahui, jumlah pembayar pajak kita sudah lebih dari tiga kali lipat, jumlah dari kantor-kantor KPP dan Kanwil juga meningkat. Dari tingkat registrasi pembayar pajak, pengelolaan datanya sudah membutuhkan upgrade IT system," ungkapnya. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed