Wanita Ini Rela Rogoh Rp 56 Juta Demi Emas Shio Anjing Tanah

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Kamis, 18 Jan 2018 15:42 WIB
Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - PT Aneka Tambang Tbk (Antam) meluncurkan emas batangan bertemakan Imlek dengan ukiran anjing tanah seberat 88 gram. Harganya, ada di kisaran Rp 56 juta. Saat para direktur dan pejabat Antam lainnya tengah sibuk dalam proses seremonial ada seorang wanita cantik yang tengah berdiri di stan pameran.

Berdasarkan pantauan detikFinance, wanita tersebut tengah berdiri di pinggir pintu masuk ruangan acara peluncuran emas Antam. Bukan tanpa alasan, wanita ini merupakan pembeli kedua emas Antam edisi khusus bertemakan imlek.



Wantia yang siang tadi mengenakan pakaian casual berwarna monochrome, lengkap dengan riasan tipis serta aksesoris batu berwarna manik di lehernya bernama Citra. Dirinya mengaku membeli langsung secara cash satu keping emas edisi khusus milik antam.

"Sebenarnya sudah ngicer dari bulan lalu itu saat baru ada rencana peluncuran. Akhirnya bisa dibeli juga," kata dia kepada detikFinance, Kamis (18/1/2018).

Dirinya mengaku, selain investasi kebutuhan akan koleksi juga menjadi alasan mengapa dirinya membeli emas Antam edisi khusus imlek.

"Tadi aku cash Rp 30 juta, sisanya by transfer," kata dia.

Dirinya mengaku senang menjadi salah satu pemilik antam bermotif anjing tanah yang hanya diproduksi 1.000 keping di Indonesia.

"Sebenarnya suka yang batik itu, lebih lucu, tapi ini juga beda lebih bagus. Sebenarnya saya suka yang Helo Kitty tapi itu hanya dijual di Jepang," kata dia.

Selain menyukai untuk mengoleksi emas batangan, Citra juga menjadi koordinator acara arisan logam mulia. Jadi Citra begitu update dengan berbagai produk terbaru yang dikeluarkan antam di setiap musim.

Dari pantauan detikFinance bentuk dari emas keluaran terbaru milik Antam ini memang begitu unik. Emas Shio Anjing ini berbetuk persegi panjang dengan ukuran 3 x 5 CM yang memiliki tebal 0,303 CM, bahan emas yang digunakan merupakan jenjs katagori murni yaitu 999,9%

Kemudian di bagian permukaan depan terdapat dua lampion yang tengah digantung serta ucapan Selamat Tahun Baru Imlek dan Gong Xi Fa Cai yang dibentuk memutar. Ditengah tulisan ucapan terdapat juga tahun 2018 serta di bagian bawah ucapan terdapat tulisan keberuntungan dalam bahasa mandarin.

Sementara itu di bagian belakang emas batangan tampak ukiran dari ajing tanah dengan bulu yang lebat yang tampak tengah berlari. Ada pula tulisan mandarin yaitu anjing di bagian kiri bawah dari emas dengan tema imlek kali ini. Ketika digenggam ukurannya tidak jauh berbeda dengan ukuran emas dengam berat 100 gram hanya saja bentuk daru emas imlek ini begitu menarik.

Emas ini memiliki karakter sendiri yaitu merupakan edisi spesial tahun baru imlek yaitu shio Anjing Tanah. Dibuat dengan berat 88 gram dimana merupakan angka keberuntungan serta bersertifikasi London Bulion Market Asosiation (LBMA).

Jika Hello Kitty berorientasi ekspor, maka untuk emas batangan bertemakan imlek ini hanya dipasarkan di Indonesia.

Setelah sebelumnya, Logam Mulia Antam memang telah mengeluarkan beberapa seri edisi khusus, yaitu meluncurkan edisi Hello Kitty, edisi batik, emas batangan kemasan Natal, kemasan Idul Fitri. (dna/dna)