Follow detikFinance
Jumat 19 Jan 2018, 08:31 WIB

3 Tahun Dilarang Susi, Cantrang Masih Jadi Polemik

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Halaman 1 dari 7
3 Tahun Dilarang Susi, Cantrang Masih Jadi Polemik Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Jakarta - Polemik larangan cantrang melaut di Indonesia tak kunjung usai sejak Peraturan Menteri (Permen) Kelautan dan Perikanan Nomor 2 Tahun 2015 tentang larangan penggunaan alat tangkap tak ramah lingkungan itu dikeluarkan pertama kalinya tanggal 8 Januari 2015 lalu.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahkan sampai harus turun ke lapangan langsung berdiskusi dengan para nelayan di Tegal, setelah para nelayan cantrang itu tak melaut lebih dari dua minggu sejak aturan larangan cantrang berlaku efektif per awal tahun 2018 yang lalu.

Namun sejak tanggal 17 Januari 2018, para nelayan akhirnya kembali mendapatkan restu untuk kembali menggunakan cantrang. Salah seorang nelayan asal Rembang, Suyoto yang juga ikut berdialog dengan Presiden Jokowi di Tegal maupun saat kunjungan ke Istana Merdeka mengatakan, Jokowi sudah menyetujui para nelayan kembali melaut menggunakan cantrang sejak bertemu di Tegal sebelumnya.

Pria yang juga merupakan wakil ketua Aliansi Nelayan Indonesia (ANNI) itu mengatakan nelayan dipersilakan kembali melaut menggunakan cantrang tanpa ada batasan waktu, ukuran, dan wilayah penangkapan.

Hal yang berbeda justru disampaikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang kini membentuk satgas khusus peralihan alat tangkap untuk mempercepat proses perpindahan peralihan cantrang ke alat penangkapan ikan (API) ramah lingkungan. Susi bahkan mengancam menenggelamkan kapal nelayan cantrang jika melaut di luar dari Laut Jawa dalam masa transisi ini.

Hal ini pun menandai polemik cantrang tak kunjung usai dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Setidaknya sudah empat kali aturan larangan cantrang mengalami relaksasi sejak pertama kali aturan ini diundangkan di tahun 2015 silam.

Lantas, kenapa cantrang terus diizinkan melaut? Simak cerita selengkapnya. (eds/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed