Follow detikFinance
Jumat, 19 Jan 2018 09:48 WIB

Mendag dan Menperin Merapat ke Kantor Darmin Bahas Garam

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Puti Aini Yasmin/detikFinance Foto: Puti Aini Yasmin/detikFinance
Jakarta - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto hari ini mendatangi kantor Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution.

Berdasarkan pantauan detikFinance, pada pukul 09.00 WIB Darmin sampai di kantornya. Berselang 4 menit kemudian, Enggar juga tiba di lokasi yang kemudian disusul Airlangga yang sampai pada pukul 09.11 WIB.

Berdasarkan agenda Kementerian Koordinator Perekonomian, Enggar dan Airlangga menghadiri rapat koordinasi (rakor) terkait garam. Rapat ini juga akan dilaksankan bersama perwakilan Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Darmin mengatakan, bahwa nanti pihaknya akan membahas garam. Untuk lebih lanjutnya pembahasan tersebut bisa mengarah terhadap pembahasan impor.

"Iya membahas garam saja. Ya (bahas impor garam). Nanti dilihat memang kualitas permintaan untuk perdagangan," ungkapnya di Jakarta, Jumat (19/1/2018).

Mengamini ucapan Darmin, Airlangga mengatakan bahwa pihaknya akan membahas terkait garam. Sebab ia menilai garam merupakan bahan baku yang sangat dibutuhkan.

"Bahas garam sebagai bahan baku dan bahan konsumsi, industri itu untuk bikin kaca, bikin plastik," ungkap Airlangga.

Ia juga memaparkan bahwa pembahasan garam akan fokus kepada kebutuhan garam konsumsi. Sebab selama puluhan tahun pihaknya hanya fokus terhadap garam industri.

"Kalau garam kan sudah menjadi kebutuhan industri. Jadi ada kebutuhan garam konsumsi ada garam industri, jadi kita utamakan di garam konsumsi. Kalau garam industri sudah, emang kan bahan baku industri diadakan jadi ini bukan baru sekarang. Sudah 15, puluhan tahun," pungkasnya. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed