Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 22 Jan 2018 12:17 WIB

Darmin Ramal Inflasi RI 3% di 2020

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance
Jakarta - Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) baru saja melakukan pertemuan di Gedung Bank Indonesia (BI) untuk membahas inflasi di 2018 yang ditargetkan sebesar 3,5%.

Rapat TPIP ini berlangsung kurang lebih dua jam tiga puluh menit ini khusus membahas terkait dengan tren inflasi di Indonesia yang terus mengarah ke level rendah.

"TPIP itu rapat pembukaan untuk pembukaan 2018 dari Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP). Ya itu kan tim pengendali ada dari daerah, ada tingkat provinsi, pusat dan nasional," kata Darmin di Gedung BI, Jakarta, Senin (22/1/2018).

Darmin menyebutkan, tingkat inflasi nasional pada 2020 nantinya akan berada di level 3% plus minus satu, dan pemerintah akan terus berupaya menekan angka tersebut sesuai dengan inflasi yang berada di negara mitra dagang.

"Mulai 2020 dia kan menjadi 3% plus minus 1%. Jadi kita memang melihat bahwa Indonesia sebetulnya secara umum arah inflasinya menurun dari tahun ke tahun dan kita ingin supaya inflasi kita tidak jauh dari negara-negara. Negara-negara partner dagang di dunia internasional," tambah dia.

Menurut Darmin, pertemuan awal TPIP juga sebagai modal awal berkoordinasi dengan para daerah yang di bawah Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) untuk merealisasikan target nasional.

Meski demikian, pertemuan TPIP yang pertama kali di 2018 ini belum membahas tingkat inflasi daerah yang sepanjang tahun lalu masih tinggi.

"Kita belum membahas itu, nanti akan ada acara untuk itu kira-kira bulan Juli mungkin. Baru undang daerah di mana biasanya kan ada acara nasional. Jadi kita belum membahas secara detail urusan substansi," kata dia. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed