Follow detikFinance
Senin 22 Jan 2018, 13:27 WIB

Mau Bikin Usaha Bareng Teman? Ini yang Harus Disiapkan

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Mau Bikin Usaha Bareng Teman? Ini yang Harus Disiapkan Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Memiliki kesenangan atau hobby yang sama dengan teman dan berniat menjadikan usaha memang menyenangkan. Tapi, meskipun usaha bareng teman, ada hal-hal yang harus diperhatikan, karena usaha ini diproyeksikan untuk jangka panjang.

Perencana keuangan, Aidil Akbar menjelaskan, jika anda memiliki rencana usaha gabungan dengan teman, yang harus disiapkan adalah jenis dan modal usaha. "Jenis dan modal usaha adalah hal yang sangat penting dalam memulai usaha, karena ini jadi tonggak awal," kata Aidil saat dihubungi detikFinance, Senin (22/1/2018).


Dia menambahkan, untuk pembagian modal bisa dihitung berdasarkan kontribusi dalam menjalankan usaha tersebut. Misalnya, ingin mendirikan restoran idealnya modal yang harus disetorkan adalah 50:50. Jumlah ini dinilai agar lebih adil, namun juga harus ditetapkan kontribusi masing-masing pemodal.

Aidil mengungkapkan, setelah modal dan jenis usaha tersedia, maka perlu ditentukan usaha tersebut harus berbadan hukum atau tidak. Kemudian menyiapkan akta pendirian usaha. "Setelah itu baru ditentukan, seluruh transaksi-transaksi menggunakan nama siapa, kita atau teman," ujar dia.

Kemudian, saat rencana pendirian usaha atau awal menjalankan usaha, pembagian tugas juga harus sudah ditentukan. Hal ini bertujuan, agar antara teman bisa lebih profesional.

"Bisa ditentukan apakah menjadi pengelola aktif atau pengelola pasif, ini harus dimuat dalam perjanjian, supaya di tengah jalan ketika ada konflik bisa tetap dijalankan," imbuh dia.

Menurut Aidil, dalam memulai usaha biasanya saat awal menjalankan belum ada konflik berarti. Namun, jika sudah memasuki fase mendapatkan profit dan potensi bisnis yang bagus, konflik mulai bermunculan. Nah inilah yang harus diantisipasi. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed