Follow detikFinance
Jumat, 26 Jan 2018 14:13 WIB

Pedagang Atribut Pilkada Pasar Senen Mulai Kebanjiran Pesanan

Selfie Miftahul Jannah - detikFinance
Foto: Selfie Miftahul Jannah Foto: Selfie Miftahul Jannah
Jakarta - Pemesanan atribut partai di Pasar Senen dalam rangka Pilkada serentak yang akan dilakukan oleh 171 daerah di 27 Juni 2018, ternyata sudah mulai ramai.

Hal tersebut dikatakan salah satu pedagang Pasar Senen, Amelia, dirinya menjelaskan, berbagai atribut partai seperti kaos, kemeja, topi, kalender sampai bendera sudah dipesan oleh para calon pejabat di berbagai daerah. Namun, mayoritas pemesan merupakan konsumen di luar Pulau Jawa.

"Yang sudah pesan itu yang dari Palangkaraya, dan Sumatera Barat, Kebanyakan di luar Jawa, sampai saat ini dari Januari pemesanan kaos sudah sampai 30.000 prosesnya baru 50%, pokoknya Maret 2018 harus sudah beres," kata dia, kepada detikFinance di lapaknya, Pasar Senen Jakarta, Jumat (26/1/2018).

menjelaskan durasi waktu pembuatan kaos, sablon, bordir sampai cetak kalender membutuhkan waktu sekitar 1 bulan.

"Karena kan biasanya kalau sekali pesan itu ada yang kaos, kemeja, kalender topi itu butuh waktu persiapan sampai 1 bulan," kata dia.

Beberapa calon kepala daerah bakan sudah memesan atribut seperti kaos, kalender kemeja sampai topi sejak Januari lalu.

Sementara itu mengenai proses pembayaran Amelia mengaku biasanya para pemesan akan memberikan Down Payment (DP) sekitar 50%, baru kemudian pada proses penyelesaian pembayaran dilakukan setelah pengambilan barang.

"Kita akan kasih sesuai dengan bayaran awal, semua pedagang pasti pernah mengalami itu (tidak dibayar) menjelang Lilkada. Tapi ada saja hanya memang jumalahnya kecil seperti bendera- bendera. Kalau gitu (ambil barang dulu batu dibayar) kita enggak berani yang besar besar," kata dia.

Sementara itu ada pula salah satu pedagang atribut partai di Pasar Senen, Justina,dirinya menjelaskan, beberapa calon kepala daerah kata Justina sudah mulai berbelanja. Dirinya sudah menerima pesanan kaos dari kawasan Papua, Kalimantan, Ambon, Palembang, Lampung, sampai Bali.

"Iya konsumen saya banyaknya dari timur, sampai saat ini dari Desember paling hanya 20.000 kaos itu sudah termasuk sablon, pemesanannya melalui telepon kemudian dikirim dengan jasa paket," kata dia.

Untuk proses pemesanan, Justina menjelaskan, perlu waktu dari proses pengadaan kaos hingga sablon yaitu sekitar 10 hari untuk pemesanan 10.000 kaos. Justina menjelaskan hanya menerima pesanan di atas 100 kaos dan untuk maksimal yaitu sekitar 50.000 kaos.

"Pokoknya hanya bisa pesan kalau jumlahnya di atas 100 buah," kata dia. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed