Follow detikFinance
Senin, 29 Jan 2018 15:32 WIB

Bingung Soal Syarat 14 Tahun Pada SNI Mainan? Ini Kriterianya

Moch Prima Fauzi - detikFinance
Foto: Angga Aliya ZR Firdaus/detikFinance Foto: Angga Aliya ZR Firdaus/detikFinance
Jakarta - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai mulai mengimplementasikan aturan soal mainan impor yang wajib berlabel SNI. Salah satu aturan dalam Permen Kemenperin Nomor 24 Tahun 2013 adalah mainan ber-SNI diperuntukkan bagi kategori 14 tahun ke bawah.

Sayangya, diakui oleh salah satu kolektor mainan, definisi mainan yang punya kriteria di atas maupun di bawah 14 tersebut tak dibarengi oleh definisi yang jelas dalam peraturan tersebut.

"Definsi itu belum ada. Hanya disepakati saja," ungkap salah seorang kolektor mainan, Bosni Gondo Tambunan kepada detikFinance, Senin (29/1/2018).

[Gambas:Video 20detik]


Memang, kriteria pembelian mainan biasanya terdapat pada bagian kotak atau dus pembungkus. Namun ada pula mainan yang bisa dikoleksi namun mencantumkan batasan usia 4 tahun ke atas.

Bosni pun mengungkap kriteria mainan yang biasa dikoleksi oleh orang dewasa di atas 14 tahun ke atas. Menurutnya, itu bisa dilihat berdasarkan jenis mainan.

"Biasanya jenisnya seperti Marvel Legends, DC, atau Hot Toys, atau Transformers, itu biasanya suka dikoleksi," imbuhnya.

[Gambas:Video 20detik]


Sedangkan dari segi bahan atau material yang digunakan sebagai pembuat mainan ia mengaku tak perbedaan. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed