Puluhan Pengusaha Kumpul Bahas Kemudahan Berusaha

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Senin, 29 Jan 2018 16:05 WIB
Foto: Puti Aini Yasmin/detikFinance
Jakarta - Puluhan pengusaha dari berbagai bidang berkumpul untuk berdiskusi. Kegiatan tersebut dilakukan untuk membahas izin percepatan berusaha.

Dipantau detikFinance ada sekitar 50-an pengusaha yang berkumpul di ruang serbaguna Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Gedung Permata Kuningan, Senin (29/1/2018).

Hadir juga, Staf Khusus Menteri Koordinator Perekonomian, Edy Putra Irawadi, Deputi Bidang Pelayanan Penanaman Modal BKPM, Lestari Indah dan Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri, Sanny Iskandar sebagai narasumber.

Selain itu ada pula Direktur Eksekutif Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah, Robert Endi Jaweng.

Menurut Wakil Ketua Umum Apindo, Shinta Kamdani kegiatan ini dilakukan untuk memberikan penjelasan kepada para pengusaha terkait izin percepatan berusaha atau Pepres 91 tahun 2017 tentang percepatan pelaksanaan berusaha.

Pasalanya, ia menilai Indonesia memiliki banyak indikasi yang baik dari berbagai sisi, seperti peringkat utang dan kemudahan berusaha yang meningkat. Tapi indikasi tersebut justru tidak berdampak.

"Semua bilang indikasi bagus tapi kenapa nggak bisa lari (perekonomian di Indonesia)? Kenapa? Masalahnya apa? Ya pertanyaan ini kembali dengan apa yang dilakukan pemerintah untuk mengeluarkan Pepres 91," kata Shinta.

"Untuk itu kita buka topik diskusi ini untuk bisa menyampaikan masalah di lapangan kita apa. Semoga nanti membantu dan bermanfaat buat pemerintah supaya kalau sudah dijalankan bisa mengatasi masalah-masalah di lapangan," tutupnya. (dna/dna)